Ini Dia Rahasia Cara Membuat Bakpao Enak dan Lezat!

Bakpao merupakan salah satu makanan tradisional yang populer di Indonesia. Bakpao biasanya terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan berbagai macam bahan, seperti daging ayam, sayuran, atau coklat. Bakpao memiliki tekstur yang lembut dan isiannya yang gurih sehingga menjadi camilan favorit banyak orang. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat bakpao sendiri di rumah, berikut resep dan cara membuat bakpao yang lezat dan enak.

Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Bakpao:

  1. 500 gram tepung terigu protein tinggi
  2. 1 sdm ragi instan
  3. 150 gram gula pasir
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdm susu bubuk
  6. 1 sdm minyak sayur
  7. 300 ml air dingin
  8. Bahan isian sesuai selera (daging ayam cincang, sayuran, coklat)

Cara Membuat Bakpao yang Enak dan Lezat:

  1. Membuat Adonan Bakpao:
  2. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, garam, susu bubuk, dan minyak sayur dalam sebuah wadah besar. Aduk rata semua bahan kering tersebut.

    Selanjutnya, tambahkan air dingin sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan menjadi elastis dan tidak lengket di tangan. Diamkan adonan selama 1 jam hingga mengembang.

  3. Membuat Isian Bakpao:
  4. Sambil menunggu adonan mengembang, siapkan bahan isian yang sudah Anda siapkan sesuai selera. Misalnya, tumis daging ayam cincang dengan bumbu favorit Anda atau siapkan coklat batangan untuk isian coklat.

  5. Menyelesaikan Bakpao:
  6. Kempiskan adonan bakpao dan bagi adonan menjadi beberapa bagian yang sama besar. Bulatkan masing-masing bagian adonan dan pipihkan dengan rolling pin.

    Isikan adonan dengan bahan isian yang telah disiapkan, lalu tutup adonan hingga rapi dan bentuk bulat kembali. Letakkan bakpao dalam wadah dan diamkan selama 15 menit.

  7. Memasak Bakpao:
  8. Siapkan panci pengukus yang telah diolesi minyak sayur agar bakpao tidak lengket. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, lalu kukus bakpao selama 15-20 menit hingga matang.

    Angkat bakpao dari panci pengukus, biarkan sedikit dingin, lalu sajikan bakpao hangat sebagai camilan atau makanan penutup.

Itulah cara membuat bakpao yang enak dan lezat di rumah. Anda dapat menyesuaikan isian bakpao sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing. Selamat mencoba membuat bakpao sendiri dan nikmati camilan tradisional yang lezat ini!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button