Blog

Ini Dia Rahasia Cara Melihat Aplikasi Yang Pernah Kamu Download di Play Store!

Play Store merupakan platform distribusi digital yang dikembangkan oleh Google untuk pengguna sistem operasi Android. Di Play Store, pengguna dapat menemukan berbagai jenis aplikasi, mulai dari game, media sosial, hingga aplikasi produktivitas. Kadang-kadang, kita mungkin lupa dengan aplikasi yang pernah kita download di Play Store. Untuk itu, kali ini kita akan membahas cara melihat aplikasi yang pernah di download di Play Store. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Menggunakan Play Store di Smartphone

Jika kamu menggunakan smartphone Android, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melihat aplikasi yang pernah kamu download di Play Store. Berikut cara-cara yang dapat kamu ikuti:

A. Buka Aplikasi Play Store

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Play Store di smartphone kamu. Aplikasi Play Store biasanya sudah terpasang secara default di setiap smartphone Android.

B. Klik ikon tiga garis horizontal

Setelah masuk ke aplikasi Play Store, cari dan klik ikon tiga garis horizontal yang biasanya terletak di bagian kiri atas layar. Ikon tersebut merupakan menu navigasi Play Store.

C. Pilih opsi “My apps & games”

Setelah itu, pilih opsi “My apps & games” dari menu yang muncul. Di dalam menu ini, kamu akan menemukan daftar semua aplikasi yang pernah kamu download di Play Store.

D. Pilih tab “Library” atau “Library (Aplikasi Saya)”

Untuk melihat daftar lengkap aplikasi yang pernah kamu download, pilih tab “Library” atau “Library (Aplikasi Saya)”. Di sini, kamu akan menemukan semua aplikasi yang pernah kamu download, baik yang masih terpasang maupun yang sudah dihapus.

2. Melihat Riwayat Download Play Store di Browser

Selain melalui aplikasi Play Store di smartphone, kamu juga bisa melihat riwayat download aplikasi di Play Store melalui browser. Berikut langkah-langkahnya:

A. Buka browser dan kunjungi situs play.google.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka browser di perangkat kamu dan kunjungi situs play.google.com.

B. Login dengan akun Google

Setelah membuka situs Play Store, pastikan kamu sudah login dengan akun Google yang sama dengan akun yang digunakan di smartphone. Hal ini diperlukan agar riwayat download kamu terhubung dengan akun Google kamu.

C. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas

Setelah login, cari dan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar. Kemudian pilih opsi “My Play activity” dari menu yang muncul.

D. Pilih opsi “Apps”

Di halaman “My Play activity”, pilih opsi “Apps” dari menu sebelah kiri. Di sini kamu akan menemukan daftar semua aplikasi yang pernah kamu download di Play Store.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Play Store dan browser, ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu melihat riwayat download aplikasi di Play Store. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

A. AppWatch

AppWatch adalah salah satu aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan pengguna untuk melacak dan memantau aplikasi yang telah diunduh di Play Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat melihat riwayat download serta melakukan filter berdasarkan berbagai kriteria.

B. App Usage

App Usage adalah aplikasi lain yang dapat membantu kamu melihat statistik penggunaan aplikasi di smartphone kamu. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat daftar aplikasi yang pernah diunduh dari Play Store.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, kamu dapat dengan mudah melihat aplikasi yang pernah di download di Play Store, baik melalui aplikasi Play Store di smartphone, browser, maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sering lupa dengan aplikasi yang pernah diunduh. Terima kasih!

Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button