Blog

Ini Dia! Rahasia Ampuh Mengatasi Masalah Touchscreen Non-Responsif Bagian Tertentu

Touchscreen pada smartphone atau tablet adalah fitur penting yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat secara langsung melalui sentuhan. Namun, terkadang touchscreen bisa mengalami masalah, seperti tidak berfungsi sebagian. Hal ini tentu bisa membuat pengalaman pengguna menjadi kurang nyaman. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi sebagian.

1. Bersihkan Layar Touchscreen

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi sebagian adalah dengan membersihkan layar touchscreen. Debu, kotoran, atau minyak dari jari dapat menyebabkan gangguan pada sensor touchscreen sehingga menyebabkan bagian layar tertentu tidak berfungsi. Gunakan kain microfiber yang lembut dan bersihkan layar dengan lembut tanpa memberikan tekanan berlebih. Pastikan layar dalam keadaan mati saat membersihkannya.

2. Restart Perangkat

Cara kedua yang dapat dicoba adalah dengan merestart perangkat. Terkadang masalah pada touchscreen dapat diselesaikan dengan melakukan restart. Matikan perangkat selama beberapa menit, kemudian hidupkan kembali. Proses restart ini dapat memperbaiki beberapa masalah software yang mungkin membuat touchscreen tidak berfungsi sebagian.

3. Update Software Perangkat

Cara ketiga adalah dengan memastikan software perangkat Anda selalu diperbarui. Perangkat lunak yang tidak up-to-date bisa menjadi penyebab touchscreen tidak berfungsi dengan baik. Pastikan untuk selalu mengupdate system software dan aplikasi secara teratur agar touchscreen berfungsi dengan optimal.

4. Kalibrasi Touchscreen

Cara keempat adalah dengan melakukan kalibrasi touchscreen. Kalibrasi touchscreen adalah proses untuk mengatur ulang sensor dan koordinat sentuhan pada layar. Pada beberapa device, Anda bisa menemukan fitur kalibrasi touchscreen di pengaturan perangkat. Ikuti instruksi yang diberikan untuk melakukan kalibrasi dengan benar.

5. Cek Koneksi Hardware

Cara kelima adalah dengan memeriksa koneksi hardware perangkat. Beberapa masalah pada touchscreen bisa disebabkan oleh koneksi yang tidak stabil atau kotor pada hardware. Periksa koneksi fisik antara touchscreen dengan motherboard perangkat Anda. Pastikan koneksi dalam keadaan baik dan bersih.

6. Mode Safe Mode

Cara keenam yang bisa dicoba adalah dengan mencoba memasuki safe mode. Safe mode adalah mode di mana perangkat hanya dijalankan dengan aplikasi bawaan saja, tanpa aplikasi tambahan yang diunduh pengguna. Dengan masuk ke safe mode, Anda dapat mengetahui apakah masalah touchscreen disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Jika touchscreen berfungsi normal di safe mode, kemungkinan besar masalah disebabkan oleh aplikasi yang diunduh oleh pengguna.

7. Reset Pengaturan Pabrik

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset pengaturan pabrik. Reset pengaturan pabrik akan mengembalikan perangkat ke kondisi awal seperti saat baru keluar dari pabrik. Pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset pengaturan pabrik, karena semua data dan pengaturan akan terhapus. Setelah melakukan reset, periksa apakah masalah touchscreen telah teratasi.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi sebagian. Jika setelah mencoba semua cara di atas touchscreen masih mengalami masalah, sebaiknya segera konsultasikan dengan teknisi profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button