Ini Dia! Inilah Cara Mudah Melihat Tipe Laptop Anda yang Perlu Anda Ketahui

Dalam dunia teknologi informasi, laptop merupakan salah satu perangkat yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang mengetahui dengan pasti tipe laptop yang mereka miliki. Mengetahui tipe laptop sangat penting untuk memudahkan proses maintenance, upgrade, dan troubleshooting yang mungkin dibutuhkan di masa depan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk melihat tipe laptop yang dimiliki.

1. Melalui Stiker di Bagian Belakang Laptop

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek stiker yang terletak di bagian belakang laptop. Pada stiker tersebut biasanya terdapat informasi lengkap mengenai tipe laptop, nomor serial, dan informasi lainnya yang berguna. Cermati dengan seksama stiker tersebut dan cari informasi yang mencantumkan tipe laptop.

2. Melalui Command Prompt

Jika stiker di bagian belakang laptop sudah terhapus atau tidak jelas, langkah kedua yang dapat dilakukan adalah melalui Command Prompt. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol “Windows + R” lalu ketik “cmd” dan tekan Enter.
  2. Pada jendela Command Prompt, ketik perintah “wmic csproduct get name” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  3. Tunggu sebentar hingga muncul informasi mengenai tipe laptop yang dimiliki.

3. Melalui Device Manager

Langkah ketiga adalah melalui Device Manager. Device Manager merupakan salah satu fitur di Windows yang dapat menampilkan informasi hardware yang terpasang pada laptop. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Device Manager dengan cara menekan tombol “Windows + X” lalu pilih “Device Manager”.
  2. Cari dan klik dua kali pada opsi “Computer” atau “Komputer”.
  3. Pada bagian kanan, cari informasi mengenai tipe laptop yang dimiliki.

4. Melalui System Information

Langkah keempat adalah melalui fitur System Information. System Information merupakan tool bawaan Windows yang memberikan informasi detail mengenai spesifikasi hardware dan software pada laptop. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cari System Information di Windows Search atau ketik “msinfo32” pada Run.
  2. Pada jendela System Information, cari informasi mengenai tipe laptop di bagian “System Model”.

5. Melalui Software Pihak Ketiga

Jika keempat langkah di atas tidak memberikan informasi yang cukup, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah menggunakan software pihak ketiga. Ada banyak software yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi detail mengenai laptop, seperti CPU-Z, Speccy, HWiNFO, dan lain sebagainya. Download dan install salah satu software tersebut, lalu jalankan untuk melihat informasi tipe laptop yang dimiliki.

Dengan mengetahui tipe laptop yang dimiliki, Anda akan lebih mudah dalam melakukan maintenance, upgrade, atau troubleshooting jika diperlukan di masa depan. Pastikan untuk selalu mencatat informasi tersebut dengan baik agar dapat dengan cepat mengetahui spesifikasi laptop Anda.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button