Blog

Ini Dia Ciri-Ciri WA Diarsipkan yang Harus Kamu Ketahui!

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Pengguna dapat mengirim pesan teks, gambar, video, dan berbagai jenis file lainnya melalui aplikasi ini. Namun, ada fitur di WhatsApp yang mungkin belum semua pengguna ketahui, yaitu fitur Diarsipkan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan percakapan yang kurang penting namun tetap dapat diakses kapan pun diperlukan. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang perlu Anda ketahui mengenai pesan yang disimpan di arsip WhatsApp.

1. Pesan Tidak Akan Muncul di Layar Utama

Saat Anda memilih untuk mengarsipkan sebuah percakapan di WhatsApp, pesan tersebut tidak akan muncul di layar utama aplikasi. Hal ini berguna untuk mengurangi kebisingan dan gangguan dari percakapan yang tidak terlalu penting. Namun, Anda masih dapat dengan mudah mengakses percakapan tersebut dengan masuk ke folder arsip.

2. Percakapan Masih Tetap Dapat Ditemukan

Meskipun pesan yang diarsipkan tidak muncul secara langsung di layar utama WhatsApp, percakapan tersebut masih tetap dapat ditemukan. Anda bisa mencarinya dengan masuk ke menu “Chats” dan memilih opsi “Chats Tersembunyi”. Dengan begitu, Anda masih dapat mengakses percakapan tersebut tanpa harus membuka folder arsip terlebih dahulu.

3. Tanda Panah di Bawah Percakapan

Salah satu ciri-ciri yang dapat membantu Anda mengidentifikasi pesan yang telah diarsipkan adalah adanya tanda panah ke bawah di bawah percakapan. Tanda ini menandakan bahwa percakapan tersebut telah disimpan di dalam folder arsip. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah membedakan antara percakapan yang diarsipkan dan yang tidak.

4. Pesan Tetap Akan Muncul Jika Ada Notifikasi Baru

Meskipun pesan yang telah diarsipkan tidak langsung muncul di layar utama, namun jika ada notifikasi baru dari percakapan tersebut, pesan tersebut akan kembali muncul ke layar utama WhatsApp. Hal ini memudahkan Anda untuk tidak melewatkan pesan penting dari percakapan yang telah diarsipkan.

5. Dapat Membuka Kembali Percakapan Kapan Pun

Jika Anda ingin membuka kembali percakapan yang telah diarsipkan, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Anda hanya perlu masuk ke folder arsip dan mencari percakapan yang ingin Anda lihat kembali. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir kehilangan percakapan penting meskipun telah Anda arsipkan.

6. Tidak Ada Pemberitahuan Saat Mengarsipkan Percakapan

Saat Anda memutuskan untuk mengarsipkan sebuah percakapan di WhatsApp, tidak ada pemberitahuan yang akan muncul untuk memberitahu kontak tersebut bahwa percakapan telah diarsipkan. Hal ini membuat Anda bisa dengan nyaman mengarsipkan percakapan tanpa khawatir dengan tanggapan dari pihak lain.

7. Pesan yang Dihapus Akan Tetap di dalam Arsip

Jika Anda menghapus sebuah percakapan dari tampilan utama WhatsApp, namun sebelumnya Anda telah mengarsipkannya, percakapan tersebut masih tetap akan berada di dalam folder arsip. Dengan begitu, Anda tetap dapat mengakses pesan tersebut meskipun telah menghapusnya dari tampilan utama.

8. Dapat Mengarsipkan Percakapan Secara Individual atau Grup

Fitur Diarsipkan tidak hanya dapat digunakan untuk menyembunyikan percakapan individual, namun juga percakapan dalam grup. Hal ini memudahkan Anda untuk menyembunyikan percakapan yang mungkin tidak ingin Anda tampilkan di layar utama, tanpa harus meninggalkan grup tersebut.

9. Tidak Ada Batasan Jumlah Pesan yang Dapat Diarsipkan

Anda tidak perlu khawatir mengenai batasan jumlah pesan yang dapat Anda arsipkan di WhatsApp. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengarsipkan sebanyak mungkin percakapan yang Anda inginkan tanpa adanya batasan khusus.

10. Dapat Mengatur Kembali Percakapan yang Diarsipkan

Jika suatu saat Anda ingin mengatur kembali percakapan yang telah Anda arsipkan, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Anda hanya perlu membuka folder arsip, memilih percakapan yang ingin Anda pindahkan, dan kemudian memilih opsi “Buka Kembali”. Dengan begitu, percakapan tersebut akan kembali ke layar utama WhatsApp.

Demikianlah beberapa ciri-ciri dari pesan yang disimpan di arsip WhatsApp. Fitur Diarsipkan ini sangat berguna untuk menyembunyikan percakapan yang tidak terlalu penting namun tetap dapat diakses jika diperlukan. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat lebih rapi dalam mengelola pesan yang masuk tanpa kehilangan percakapan penting. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda pengguna WhatsApp. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button