Ini Dia Cara Verifikasi Akun JKN Mobile yang Mudah dan Praktis!

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program asuransi kesehatan yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dengan adanya aplikasi JKN Mobile, peserta JKN dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai layanan kesehatan yang mereka dapatkan. Namun, sebelum dapat menggunakan semua fitur dalam aplikasi JKN Mobile, peserta harus melakukan verifikasi akun terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah verifikasi akun JKN Mobile yang perlu anda ketahui.

1. Unduh Aplikasi JKN Mobile

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi JKN Mobile melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Pastikan Anda mengunduh aplikasi resmi dari BPJS Kesehatan agar meminimalisir risiko penipuan.

2. Registrasi Akun

Setelah berhasil mengunduh aplikasi JKN Mobile, buka aplikasi tersebut dan klik tombol “Daftar” atau “Registrasi”. Selanjutnya, Anda harus mengisi formulir pendaftaran dengan data pribadi yang valid seperti nomor KTP, nama lengkap, tanggal lahir, dan informasi lain yang diminta.

3. Verifikasi Nomor Handphone

Setelah selesai melakukan registrasi, Anda akan menerima SMS berisi kode verifikasi yang harus diinputkan ke dalam aplikasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa nomor handphone yang Anda masukkan benar dan dapat diakses.

4. Unggah Dokumen Identitas

Langkah selanjutnya dalam proses verifikasi akun JKN Mobile adalah dengan mengunggah dokumen identitas, seperti KTP atau kartu keluarga. Pastikan dokumen yang diunggah dalam bentuk yang jelas dan tidak terpotong agar memudahkan proses verifikasi.

5. Verifikasi Data Diri

Setelah mengunggah dokumen identitas, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi data diri dengan cara memasukkan nomor Kartu Keluarga (KK). Hal ini penting untuk memastikan bahwa informasi yang Anda berikan sesuai dengan data registrasi yang ada di BPJS Kesehatan.

6. Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan Terdekat

Jika proses verifikasi online belum membuahkan hasil, Anda dapat mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk melakukan verifikasi secara langsung. Pastikan Anda membawa dokumen identitas asli dan nomor Kartu Keluarga saat mengunjungi kantor BPJS.

7. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah Anda menyelesaikan proses verifikasi, tunggu beberapa waktu hingga akun JKN Mobile Anda diverifikasi oleh pihak BPJS Kesehatan. Biasanya proses verifikasi membutuhkan waktu 1-3 hari kerja, tergantung dari jumlah pengajuan verifikasi yang masuk.

8. Aktivasi Akun

Setelah akun Anda berhasil diverifikasi, Anda akan menerima notifikasi melalui aplikasi JKN Mobile. Selanjutnya, Anda dapat melakukan aktivasi akun dengan membuat username dan password untuk login ke dalam aplikasi. Pastikan Anda mengingat username dan password yang Anda buat.

9. Login dan Mulai Gunakan Fitur Aplikasi

Selamat! Akun JKN Mobile Anda telah berhasil diverifikasi dan diaktivasi. Selanjutnya, Anda dapat login ke dalam aplikasi dan mulai menggunakan fitur-fitur yang disediakan, seperti melihat informasi tagihan, jadwal layanan kesehatan, atau mengajukan klaim secara online.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukan verifikasi akun JKN Mobile dengan mudah dan cepat. Pastikan Anda selalu menjaga kerahasiaan data pribadi Anda saat melakukan proses verifikasi akun. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang berencana untuk menggunakan layanan kesehatan melalui aplikasi JKN Mobile.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button