Ini Dia Cara Ss Macbook yang Hanya Butuh 5 Langkah!

MacBook adalah salah satu laptop terbaik yang banyak digunakan oleh para profesional dan pengguna personal. Salah satu fitur yang sangat berguna di MacBook adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar, atau screenshot, dengan mudah. Salah satu cara untuk mengambil tangkapan layar di MacBook adalah dengan menggunakan command key ⌘ + Shift + 4, yang biasa disebut sebagai shortcut ss. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan ss di MacBook dengan lebih detail.

1. Mengambil Tangkapan Layar Layar Penuh

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar seluruh layar MacBook Anda, Anda dapat menggunakan perintah ⌘ + Shift + 3. Dengan cara ini, Anda akan mengambil tangkapan layar seluruh layar dan menyimpannya sebagai file gambar di desktop Anda. Anda juga dapat menekan tombol ⌘ + Shift + 3 kemudian menekan Space bar untuk mengambil tangkapan layar window atau aplikasi tertentu.

2. Memilih Area Tangkapan Layar

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar area tertentu di layar MacBook Anda, Anda dapat menggunakan perintah ⌘ + Shift + 4. Setelah Anda menekan kombinasi tombol tersebut, kursor Anda akan berubah menjadi bentuk penjepit. Anda dapat menyeret kursor untuk memilih area yang ingin Anda tangkap. Setelah Anda selesai memilih area, lepaskan tombol mouse atau trackpad untuk mengambil tangkapan layar tersebut.

3. Menyimpan Tangkapan Layar ke Clipboard

Anda juga dapat mengambil tangkapan layar di MacBook dan menyimpannya ke clipboard Anda tanpa perlu menyimpannya sebagai file terpisah. Caranya adalah dengan menambahkan tombol Control ke perintah ss. Jadi, untuk menyimpan tangkapan layar langsung ke clipboard, Anda dapat menekan ⌘ + Control + Shift + 4.

4. Mengedit Tangkapan Layar

Setelah Anda mengambil tangkapan layar di MacBook, Anda juga dapat mengeditnya sebelum menyimpannya. Setelah Anda mengambil tangkapan layar menggunakan perintah ss, gambar akan muncul di pojok kanan bawah layar sebagai thumbnail. Anda dapat mengklik thumbnail tersebut untuk membuka gambar dalam aplikasi Preview. Di aplikasi Preview, Anda dapat melakukan berbagai jenis pengeditan, seperti menambahkan teks, panah, atau bentuk geometris ke gambar.

5. Menjadwalkan Tangkapan Layar

Jika Anda perlu mengambil tangkapan layar secara terjadwal, misalnya untuk memantau aktivitas layar selama satu jam, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan di MacBook yang disebut Automator. Anda dapat membuat workflow sederhana yang akan mengambil tangkapan layar setiap interval waktu tertentu. Setelah Anda membuat workflow tersebut, Anda dapat menjadwalkannya agar berjalan pada waktu tertentu dengan menggunakan Calendar di MacBook.

6. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan shortcut bawaan di MacBook, Anda juga dapat mengambil tangkapan layar menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Snagit atau Lightshot. Aplikasi ini sering kali memiliki fitur yang lebih canggih daripada fungsi bawaan di MacBook, seperti kemampuan untuk menangkap video layar, menambahkan anotasi, atau berbagi langsung ke platform media sosial.

7. Menggunakan Cloud Service

Jika Anda ingin menyimpan tangkapan layar Anda di cloud agar dapat diakses dari perangkat lain, Anda dapat menggunakan layanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat mengunggahnya langsung ke cloud service tersebut dan mendapatkan tautan berbagi untuk dibagikan kepada orang lain.

8. Tips dan Trik

Sebagai tips tambahan, Anda juga dapat menggunakan shortcut ⌘ + Shift + 5 untuk membuka panel kontrol tangkapan layar di MacBook, yang memungkinkan Anda untuk memilih jenis tangkapan layar yang ingin Anda ambil, seperti tangkapan layar layar penuh, window terbuka, atau area tertentu. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan shortcut kustom untuk tangkapan layar di System Preferences > Keyboard > Shortcuts.

Kesimpulan

Ss di MacBook merupakan fitur yang sangat berguna untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan shortcut dan aplikasi yang tepat, Anda dapat mengambil, mengedit, dan berbagi tangkapan layar dengan lebih efisien. Dengan mengikuti tips dan trik yang disebutkan di atas, Anda dapat menjadi ahli dalam menggunakan ss di MacBook dan meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja atau belajar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengoptimalkan penggunaan MacBook Anda.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button