Ini Dia Cara Solat Tarawih Dirumah Agar Menjadi Lebih Khusyuk!

Selama bulan suci Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah tarawih. Namun, dengan adanya pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, banyak masjid dan tempat ibadah lainnya tutup untuk mencegah penyebaran virus. Oleh karena itu, solat tarawih pun dapat dilakukan di rumah sebagai alternatif. Berikut ini adalah panduan lengkap cara solat tarawih dirumah.

1. Menyiapkan Ruang Solat

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan ruang solat di rumah. Pilihlah ruangan yang tenang dan nyaman untuk beribadah. Pastikan ruangan tersebut bebas dari gangguan dan cukup terang untuk membaca Al-Qur’an.

2. Mendekorasikan Ruang Solat

Agar suasana ibadah lebih khusyuk, Anda dapat mendekorasikan ruang solat dengan karpet shalat, Al-Qur’an, dan juga lampu hiasan. Suasana yang tenang dan nyaman akan membantu meningkatkan konsentrasi selama ibadah tarawih.

3. Menentukan Imam dan Makmum

Sebelum memulai solat tarawih, tentukan siapa yang akan menjadi imam dan siapa yang akan menjadi makmum. Jika Anda beribadah bersama keluarga, Anda bisa bergantian menjadi imam dan makmum setiap malam.

4. Memahami Bacaan dan Gerakan Solat Tarawih

Sebelum memulai solat tarawih, pastikan Anda dan keluarga memahami bacaan dan gerakan solat tarawih. Anda dapat membaca referensi atau mengikuti panduan online untuk memahami tata cara solat tarawih yang benar.

5. Menentukan Jumlah Rakaat

Tradisi solat tarawih umumnya dilaksanakan dalam empat rakaat dan dapat ditambahkan dengan rakaat sunnah. Namun, jika Anda ingin memperpanjang ibadah, Anda dapat menambah jumlah rakaat tarawih sesuai keinginan.

6. Membaca Al-Qur’an

Salah satu keunikan solat tarawih adalah membaca Al-Qur’an pada setiap rakaatnya. Pastikan untuk membawa Al-Qur’an dan membaca surat-surat yang Anda hafal atau mengikuti bacaan imam jika tidak hafal.

7. Berdoa Bersama Keluarga

Setelah menyelesaikan solat tarawih, luangkan waktu untuk berdoa bersama keluarga. Mohonlah keberkahan dan ampunan dari Allah SWT serta memohon perlindungan dari segala malapetaka.

8. Menjaga Konsistensi

Untuk menjaga semangat ibadah, penting untuk konsisten melaksanakan solat tarawih setiap malam. Buatlah jadwal ibadah yang teratur dan ikuti dengan penuh keyakinan dan keikhlasan.

9. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan

Selama melaksanakan solat tarawih di rumah, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan. Cucilah tangan sebelum ibadah, gunakan sajadah yang bersih, dan hindari berdekatan dengan anggota keluarga lain jika sedang sakit.

10. Menerima Pahala dan Berkah

Solat tarawih adalah ibadah yang penuh berkah dan pahala, terutama jika dilakukan dengan penuh keihlasan dan khusyuk. Nikmati momen beribadah di rumah bersama keluarga dan percayalah bahwa setiap usaha yang dilakukan akan dihitung dan diberkahi oleh Allah SWT.

Dengan mengikuti panduan cara solat tarawih dirumah di atas, Anda dan keluarga dapat tetap menjalankan ibadah tarawih dengan khusyuk dan meraih berkah di bulan Ramadhan. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu dalam meningkatkan kualitas ibadah Anda. Selamat beribadah dan semoga menjadi amal yang diterima oleh Allah SWT.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button