Ini Dia Cara Sihir Mengembalikan Foto Terhapus di WA!

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Jutaan pengguna menggunakan WhatsApp setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Salah satu fitur yang sering digunakan di WhatsApp adalah mengirim foto dan video. Namun, terkadang kita bisa secara tidak sengaja menghapus foto yang penting. Jika hal ini terjadi, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp.

1. Cek Folder “WhatsApp” di Galeri

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa folder “WhatsApp” di galeri ponselmu. Terkadang, foto yang terhapus dari WhatsApp masih tersimpan di folder ini. Jadi, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu sebelum mencari cara lain untuk mengembalikan foto yang terhapus.

2. Gunakan Fitur “Pulihkan Foto” di Aplikasi Galeri

Jika foto yang terhapus tidak ada di folder “WhatsApp”, kamu bisa mencoba menggunakan fitur “Pulihkan Foto” di aplikasi galeri ponselmu. Banyak aplikasi galeri yang memiliki fitur ini, yang dapat membantu kamu mengembalikan foto yang telah terhapus. Cukup buka aplikasi galeri, cari fitur “Pulihkan Foto”, dan ikuti petunjuk selanjutnya.

3. Gunakan Fitur Backup WhatsApp

Salah satu cara terbaik untuk mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp adalah dengan menggunakan fitur backup WhatsApp. WhatsApp secara otomatis melakukan backup data setiap hari, jadi kemungkinan besar foto yang terhapus masih bisa dikembalikan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan foto yang terhapus menggunakan fitur backup WhatsApp:

  1. Chat Backup: Buka aplikasi WhatsApp, pergi ke Pengaturan > Chat > Cadangan chat.
  2. Pilih Cadangan: Pilih cadangan chat yang ingin kamu pulihkan.
  3. Pulihkan Chat: Tekan tombol “Pulihkan” untuk mengembalikan chat dan foto yang terhapus.

4. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika foto yang terhapus tidak dapat dikembalikan dengan cara di atas, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang dapat membantu kamu mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp. Beberapa aplikasi yang terkenal antara lain DiskDigger, Dr.Fone, dan EaseUS MobiSaver.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pemulihan data ini tidak selalu berhasil, terutama jika foto yang terhapus telah terhapus secara permanen dari ponsel. Selain itu, beberapa aplikasi pemulihan data juga dapat menimbulkan risiko keamanan bagi data pribadi pengguna. Jadi, pastikan untuk menggunakan aplikasi pemulihan data dari sumber terpercaya dan lakukan riset lebih lanjut sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

5. Langkah Pencegahan di Masa Depan

Agar menghindari kehilangan foto yang penting di WhatsApp di masa depan, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan:

  • Backup Secara Berkala: Pastikan untuk secara teratur melakukan backup data WhatsApp agar foto dan chat pentingmu selalu tersimpan dengan aman.
  • Hati-hati Saat Menghapus: Periksa kembali sebelum menghapus foto atau chat di WhatsApp, untuk menghindari penghapusan yang tidak disengaja.
  • Gunakan Fitur Unduhan Otomatis: Aktifkan fitur unduhan otomatis di WhatsApp agar foto dan video yang diterima secara otomatis tersimpan di galeri ponselmu.

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan ini, kamu dapat mengurangi risiko kehilangan foto yang penting di WhatsApp di masa depan.

Kesimpulan

Mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp memang bisa menjadi tugas yang sulit, terutama jika foto tersebut telah terhapus secara permanen. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu memiliki peluang untuk mengembalikan foto yang telah terhapus. Selain itu, selalu ingat untuk melakukan langkah pencegahan agar menghindari kehilangan foto yang penting di WhatsApp di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengatasi masalah foto yang terhapus di WhatsApp. Terima kasih!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button