Ini Dia Cara Restart Laptop Dengan Cepat Hanya Dengan Keyboard!

Restarting laptop merupakan langkah yang sering dilakukan untuk memperbaiki berbagai masalah yang mungkin terjadi pada sistem operasi. Biasanya, proses restart dilakukan melalui menu Start atau tombol power pada laptop. Namun, ternyata Anda juga bisa merestart laptop Anda menggunakan keyboard. Berikut adalah berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan restart laptop dengan keyboard.

1. Menggunakan Kombinasi Tombol Alt + F4

Tombol Alt + F4 adalah salah satu kombinasi tombol keyboard yang dapat digunakan untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan. Namun, Anda juga dapat menggunakannya untuk merestart laptop Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik pada desktop atau jendela aplikasi yang aktif.
  2. Tekan dan tahan tombol Alt.
  3. Selanjutnya, tanpa melepas tombol Alt, tekan tombol F4.
  4. Akan muncul jendela dialog “Shut Down Windows”.
  5. Pilih opsi Restart dengan tombol panah.
  6. Terakhir, tekan tombol Enter untuk merestart laptop.

2. Menggunakan Tombol Ctrl + Alt + Del

Tombol Ctrl + Alt + Del merupakan kombinasi tombol yang sering digunakan untuk membuka Task Manager atau mengunci layar pada Windows. Namun, Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol ini untuk merestart laptop. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan.
  2. Akan muncul layar dengan beberapa opsi.
  3. Pilih opsi Restart atau Reboot.
  4. Tekan tombol Enter untuk melanjutkan proses restart.

3. Menggunakan Kombinasi Tombol Windows + L

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, Anda juga dapat merestart laptop dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + L. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows dan tombol L secara bersamaan.
  2. Tekan tombol Tab untuk memilih opsi Power.
  3. Pilih opsi Restart dengan tombol panah.
  4. Tekan tombol Enter untuk merestart laptop.

4. Menggunakan Command Prompt

Selain menggunakan kombinasi tombol keyboard, Anda juga dapat merestart laptop menggunakan Command Prompt. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run, kemudian ketik cmd dan tekan Enter.
  2. Ketik perintah shutdown /r /t 0 dan tekan Enter.
  3. Laptop akan merestart setelah beberapa saat.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda kesulitan atau ingin menggunakan metode lain, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merestart laptop dengan keyboard. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan antara lain AutoHotkey atau SharpKeys.

Dengan mengetahui cara merestart laptop menggunakan keyboard, Anda dapat melakukan proses restart dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada laptop Anda dengan cara yang lebih efisien. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button