Ini Dia Cara Reapply Sunscreen yang Bikin Kulitmu Tetap Terlindungi!

Sinar UV merupakan salah satu faktor yang dapat merusak kulit dan menyebabkan berbagai masalah seperti penuaan dini, kanker kulit, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya atau sunscreen menjadi sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Namun, seringkali kita lupa bahwa sunscreen juga perlu diaplikasikan ulang secara berkala untuk menjaga perlindungan kulit.

Apa Itu Reapply Sunscreen?

Reapply sunscreen adalah proses pengulangan pengaplikasian tabir surya setelah beberapa waktu tertentu. Hal ini dilakukan agar perlindungan yang diberikan oleh tabir surya tetap optimal meskipun telah terkena keringat, air, atau gesekan.

Kapan Harus Melakukan Reapply Sunscreen?

Ada beberapa kondisi dimana reapply sunscreen diperlukan, antara lain:

  1. Menghabiskan waktu di luar ruangan selama lebih dari 2 jam
  2. Beraktivitas di dalam air atau berkeringat
  3. Menggunakan produk perawatan kulit yang dapat menghilangkan lapisan sunscreen

Dengan melakukan reapply sunscreen secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa kulit Anda tetap terlindungi dari bahaya sinar UV.

Langkah-Langkah Cara Reapply Sunscreen

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam melakukan reapply sunscreen dengan benar:

  1. Pilih sunscreen yang sesuai: Pastikan Anda menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++ untuk perlindungan maksimal.
  2. Bersihkan kulit terlebih dahulu: Sebelum mengaplikasikan sunscreen ulang, pastikan kulit Anda dalam keadaan bersih agar tidak ada kotoran atau minyak yang dapat mengganggu penyerapan sunscreen.
  3. Gunakan jumlah yang cukup: Aplikasikan sunscreen dengan jumlah yang cukup untuk seluruh bagian kulit yang terkena sinar matahari.
  4. Terapkan dengan merata: Pastikan Anda meratakan sunscreen di seluruh area kulit yang terbuka dan rentan terkena sinar UV.
  5. Jangan lupa bagian tubuh tertentu: Seringkali bagian-bagian tertentu seperti telinga, leher, punggung tangan, dan kaki terlupakan dalam pengaplikasian sunscreen.
  6. Gunakan sunscreen khusus untuk wajah: Gunakan sunscreen yang diformulasikan khusus untuk wajah agar tidak menyebabkan jerawat atau iritasi.
  7. Gunakan sunscreen bertekstur ringan: Untuk pengaplikasian ulang, pilih sunscreen dengan tekstur ringan agar tidak terasa lengket atau berat di kulit.
  8. Terapkan setiap 2 jam sekali: Lakukan reapply sunscreen setiap 2 jam sekali atau sesuai petunjuk kemasan sunscreen yang Anda gunakan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Reapply Sunscreen

Saat melakukan reapply sunscreen, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar perlindungan kulit tetap maksimal:

  • Jangan tekan terlalu keras: Saat mengaplikasikan sunscreen kembali, hindari menekan terlalu keras agar tidak merusak lapisan sunscreen sebelumnya.
  • Jangan campur dengan produk lain: Hindari mengombinasikan sunscreen dengan produk perawatan lain seperti pelembap atau make-up karena dapat mengurangi efektivitas sunscreen.
  • Perhatikan petunjuk penggunaan: Selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sunscreen untuk hasil yang optimal.
  • Jangan lupa pada bagian-bagian tertentu: Bagian-bagian seperti bibir, telapak tangan, dan area di sekitar mata juga perlu mendapatkan perlindungan ekstra.

Kesimpulan

Penggunaan sunscreen merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dari sinar UV berbahaya. Namun, untuk memastikan perlindungan kulit tetap optimal, reapply sunscreen secara berkala juga diperlukan. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, Anda dapat menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi dari efek buruk sinar UV.

Jangan lupa untuk selalu membawa sunscreen di tas Anda dan melakukan reapply sunscreen setiap 2 jam sekali, terutama saat berada di luar ruangan atau sedang berkeringat. Perlindungan kulit adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button