Ini Dia Cara Pasang Wallpaper Dinding yang Simpel dan Praktis!

Wallpaper dinding adalah salah satu cara yang cepat dan mudah untuk mengubah tampilan ruangan Anda. Dibandingkan dengan proses mengecat dinding yang memakan waktu dan tenaga, menggunakan wallpaper dapat memberikan sentuhan yang lebih elegan dan menarik. Untuk itu, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam memasang wallpaper dinding:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama sebelum memulai proses pemasangan wallpaper adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang wajib disiapkan:

  • Wallpaper sesuai dengan ukuran ruangan Anda
  • Lem wallpaper
  • Pensil
  • Gunting
  • Penggaris
  • Kuas atau roller untuk menempelkan wallpaper
  • Spatula atau kain lap untuk meratakan wallpaper

2. Persiapkan Dinding

Sebelum memasang wallpaper, pastikan untuk membersihkan dinding dari debu dan kotoran. Pastikan dinding dalam kondisi kering untuk memastikan lem dapat menempel dengan baik. Jika dinding memiliki cat yang terkelupas, sebaiknya cat tersebut dihapus terlebih dahulu agar wallpaper dapat menempel dengan sempurna.

3. Ukur dan Potong Wallpaper

Selanjutnya, ukur dinding dengan tepat menggunakan penggaris dan pensil. Pastikan untuk menambahkan sedikit ekstra pada setiap ukuran untuk menghindari kekurangan saat pemasangan. Kemudian, potong wallpaper sesuai dengan ukuran yang telah diukur.

4. Oleskan Lem pada Wallpaper

Lakukan langkah ini dengan hati-hati, pastikan untuk meratakan lem pada seluruh permukaan wallpaper. Biarkan lem meresap selama beberapa menit sesuai petunjuk pada kemasan lem wallpaper yang Anda gunakan.

5. Tempelkan Wallpaper pada Dinding

Selanjutnya, tempelkan wallpaper yang telah dilapisi lem pada dinding dengan hati-hati. Pastikan untuk menempel dari atas ke bawah secara perlahan agar tidak terjadi gelembung udara di bawah wallpaper. Gunakan spatula atau kain lap untuk meratakan wallpaper dan memastikan tidak ada bagian yang menggulung.

6. Potong Sisi yang Berlebihan

Setelah wallpaper terpasang dengan baik, potong bagian sisi yang berlebihan menggunakan gunting dengan hati-hati. Pastikan untuk memotong dengan rapi agar tampilan wallpaper menjadi lebih sempurna.

7. Perhatikan Pola dan Warna Wallpaper

Saat memasang wallpaper dengan motif atau pola tertentu, pastikan untuk memperhatikan pola dan warna agar terjadi kesinambungan antara satu lembar wallpaper dengan lembar lainnya. Hindari kesalahan dalam pemasangan yang dapat mengganggu kesatuan motif atau pola wallpaper.

8. Selesaikan dengan Sentuhan Akhir

Terakhir, periksa kembali keseluruhan proses pemasangan wallpaper dinding yang telah Anda lakukan. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat atau kurang rapi. Selesaikan dengan memberikan sentuhan akhir dengan merapikan wallpaper dan memastikan hasil akhirnya terlihat sempurna.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memasang wallpaper dinding sendiri tanpa harus menggunakan jasa profesional. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button