Ini Dia Cara Pasang Gorden yang Mudah dan Praktis, Tonton Sekarang!

1. Persiapan sebelum Memasang Gorden

Sebelum Anda mulai memasang gorden, pastikan Anda telah menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan. Berikut adalah persiapan yang perlu Anda lakukan:

  • Gorden yang sesuai: Pilihlah gorden yang sesuai dengan ukuran jendela atau pintu yang akan Anda pasangi. Pastikan gorden memiliki panjang yang cukup untuk menutupi seluruh bagian jendela atau pintu.
  • Batang gorden dan aksesorisnya: Pastikan Anda memiliki batang gorden beserta semua aksesorisnya seperti kait gorden, penyangga, dan sekrup yang diperlukan.
  • Alat-alat yang diperlukan: Siapkan juga alat-alat seperti penggaris, meteran, bor, obeng, dan tang potong untuk membantu proses pemasangan.

2. Langkah-langkah Memasang Gorden

Setelah semua perlengkapan dan alat-alat sudah disiapkan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk memasang gorden dengan benar:

  1. Menentukan tinggi pemasangan: Tentukan tinggi di mana Anda akan memasang batang gorden. Umumnya, gorden dipasang pada ketinggian sekitar 10-15 cm di atas jendela atau pintu untuk memberikan tampilan yang proporsional.
  2. Mengukur lebar jendela: Gunakan penggaris atau meteran untuk mengukur lebar jendela. Pastikan Anda juga memberikan sedikit cadangan ekstra untuk menutupi area yang lebih lebar.
  3. Memotong batang gorden: Jika batang gorden terlalu panjang, gunakan tang potong untuk memotongnya sesuai dengan lebar jendela yang telah diukur sebelumnya.
  4. Menandai titik pemasangan: Gunakan penggaris untuk menandai titik-titik pemasangan kait gorden di dinding. Pastikan titik-titik tersebut sejajar dan memiliki jarak yang sama sehingga gorden dapat terpasang secara lurus.
  5. Memasang kait gorden: Pasang kait gorden pada titik-titik yang sudah ditandai dengan menggunakan sekrup dan obeng. Pastikan kait gorden dipasang dengan kuat agar dapat menopang gorden dengan baik.
  6. Memasang gorden: Setelah kait gorden terpasang dengan baik, gantungkan gorden pada batang gorden dengan menggunakan penyangga. Pastikan gorden tergantung dengan rapi dan lurus.

3. Tips Tambahan untuk Memasang Gorden

Selain langkah-langkah di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda dalam memasang gorden dengan lebih mudah dan efektif:

  • Gunakan waterpass: Gunakan waterpass saat memasang kait gorden agar gorden dapat tergantung secara lurus dan tidak miring.
  • Gunakan tangan yang kuat: Pastikan Anda menggunakan tangan yang kuat saat memasang kait gorden dan sekrup agar gorden dapat terpasang dengan kokoh.
  • Periksa kestabilan: Setelah gorden terpasang, periksa kestabilannya dengan menggoyangkan gorden secara perlahan. Pastikan gorden tidak goyang atau miring.
  • Pelajari tutorial: Jika Anda masih merasa ragu, Anda dapat mencari tutorial video online yang memberikan panduan lengkap dalam memasang gorden.

Dengan mengikuti panduan di atas dan tips tambahan yang diberikan, Anda dapat memasang gorden dengan mudah dan tepat. Pastikan Anda teliti dalam melakukan setiap langkah agar gorden dapat terpasang dengan baik dan memberikan tampilan yang menarik pada ruangan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin memasang gorden di rumah Anda. Terima kasih!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button