Ini Dia Cara Mudah Update Aplikasi Di Laptop, Bikin Laptop Jadi Lebih Powerfull!

Update aplikasi di laptop merupakan hal yang penting untuk dilakukan guna memastikan semua aplikasi yang digunakan tetap berjalan lancar dan aman dari kerentanan keamanan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai cara update aplikasi di laptop agar pengguna dapat melakukannya dengan mudah.

1. Melalui Windows Store

Windows Store merupakan platform resmi dari Microsoft untuk mendownload dan update aplikasi di laptop dengan sistem operasi Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Windows Store dengan mengklik ikon Windows Store di desktop atau menu Start.
  2. Klik ikon tiga titik di bagian kanan atas lalu pilih Downloads and updates.
  3. Untuk melakukan update, klik tombol Get updates.

Dengan mengikuti langkah di atas, pengguna dapat dengan mudah melakukan update aplikasi yang diunduh melalui Windows Store.

2. Melalui Website Resmi Pengembang

Jika pengguna mendownload aplikasi dari website resmi pengembang, maka biasanya update aplikasi dilakukan langsung dari website tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka website resmi pengembang aplikasi yang ingin diupdate.
  2. Cari bagian Downloads atau Update di website tersebut.
  3. Download file update yang disediakan oleh pengembang.
  4. Jalankan file update yang sudah diunduh untuk memperbarui aplikasi.

Dengan cara ini, pengguna dapat memastikan bahwa aplikasi yang diunduh selalu yang terbaru dari pengembang.

3. Melalui Aplikasi Itself

Beberapa aplikasi memiliki fitur update otomatis yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan versi terbaru tanpa harus repot-repot mencarinya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi yang ingin diupdate.
  2. Cari menu Settings atau Options di dalam aplikasi tersebut.
  3. Cari opsi Check for updates atau sejenisnya.
  4. Jika terdapat update, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstalnya.

Dengan melakukan update melalui aplikasi itu sendiri, pengguna akan mendapatkan versi terbaru tanpa harus keluar dari aplikasi tersebut.

4. Melalui Software Pihak Ketiga

Selain menggunakan Windows Store atau update langsung dari website resmi pengembang, pengguna juga dapat menggunakan software pihak ketiga yang dapat memantau dan melakukan update otomatis untuk semua aplikasi di laptop. Salah satu software populer untuk melakukan hal ini adalah IObit Software Updater. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal software IObit Software Updater dari website resminya.
  2. Buka software tersebut dan biarkan software melakukan pemindaian terhadap semua aplikasi yang terinstall di laptop.
  3. Pilih aplikasi yang ingin diupdate dan klik tombol Update Now.
  4. IObit Software Updater akan mengunduh dan menginstal versi terbaru dari setiap aplikasi yang dipilih.

Dengan menggunakan software pihak ketiga seperti IObit Software Updater, pengguna dapat dengan mudah menjaga semua aplikasi tetap terupdate tanpa harus melakukan satu per satu secara manual.

5. Penjagaan Setelah Update

Selain melakukan update, pengguna juga perlu memperhatikan beberapa hal setelah melakukan update aplikasi di laptop, antara lain:

  • Restart aplikasi: Setelah melakukan update, sebaiknya restart aplikasi tersebut untuk memastikan perubahan sudah diterapkan dengan baik.
  • Reboot laptop: Terkadang, update aplikasi juga memerlukan reboot laptop untuk mengaplikasikan perubahan secara menyeluruh.
  • Periksa pengaturan: Setelah update, pastikan untuk memeriksa kembali pengaturan aplikasi yang sudah diupdate agar sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Periksa performa: Jika setelah update terjadi penurunan performa atau bug, segera laporkan kepada pengembang untuk segera diperbaiki.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, pengguna dapat memastikan bahwa update aplikasi di laptop dilakukan dengan lancar dan tanpa masalah.

Kesimpulan

Update aplikasi di laptop merupakan langkah penting yang harus dilakukan secara berkala. Dengan melakukan update, pengguna dapat memastikan keamanan, performa, dan fitur aplikasi tetap optimal. Terdapat berbagai cara untuk update aplikasi di laptop, mulai dari Windows Store, website resmi pengembang, aplikasi sendiri, hingga software pihak ketiga seperti IObit Software Updater.

Setelah melakukan update, pengguna juga perlu memperhatikan hal-hal seperti restart aplikasi, reboot laptop, pemeriksaan pengaturan, dan pengecekan performa. Dengan demikian, pengguna dapat memiliki pengalaman penggunaan laptop yang lebih baik dan terhindar dari berbagai masalah yang disebabkan oleh aplikasi yang tidak terupdate.

Demikianlah informasi mengenai cara update aplikasi di laptop. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu pembaca dalam melakukan update aplikasi dengan mudah dan efektif.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button