Ini Dia Cara Mudah Menghapus Akun Facebook yang Di-hack!

Jika akun Facebook Anda telah di-hack, langkah pertama yang harus dilakukan adalah untuk memulihkan kontrol atas akun Anda. Setelah itu, jika Anda merasa tidak aman atau ingin menghapus akun Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Mengamankan Akun Facebook Anda

Jika akun Anda telah di-hack, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengamankan akun Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Segera Ganti Password
  2. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera mengganti password akun Facebook Anda. Pilihlah password yang kuat dan sulit ditebak untuk mencegah peretas mengakses akun Anda lagi.

  3. Cek Aktivitas Akun Anda
  4. Periksa riwayat login dan aktivitas terbaru di akun Anda. Pastikan tidak ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak Anda kenali.

  5. Rekam Bukti Peretasan
  6. Rekam semua bukti peretasan akun Anda, seperti screenshot aktivitas mencurigakan atau pesan yang tidak Anda kirim. Ini akan membantu Anda menjaga keamanan akun Anda di masa depan.

2. Melaporkan Akun yang Di-Hack kepada Facebook

Jika Anda tidak dapat mengakses akun Anda atau masih merasa tidak aman, laporkan kejadian ini kepada Facebook. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi Halaman Bantuan Facebook
  2. Buka halaman bantuan Facebook dan pilih opsi “Laporkan Akun yang Di-hack”. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk melaporkan kejadian ini.

  3. Isi Formulir Pelaporan
  4. Isi formulir pelaporan dengan informasi yang diminta. Sertakan bukti-bukti peretasan yang sudah Anda rekam sebelumnya.

  5. Tunggu Proses Verifikasi
  6. Setelah melaporkan akun yang di-hack, tunggu proses verifikasi dari pihak Facebook. Mereka akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai langkah selanjutnya.

3. Menghapus Akun Facebook yang Di-Hack

Jika Anda sudah tidak ingin menggunakan akun Facebook lagi atau merasa tidak aman setelah di-hack, Anda juga dapat menghapus akun Facebook Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi Pengaturan Akun
  2. Log masuk ke akun Facebook Anda dan kunjungi pengaturan akun. Pilih opsi “Hapus Akun” di bagian pengaturan.

  3. Konfirmasi Penghapusan
  4. Ikuti petunjuk untuk konfirmasi penghapusan akun. Anda mungkin perlu memasukkan password dan menjawab pertanyaan keamanan sebelum akun Anda dapat dihapus.

  5. Tunggu Proses Penghapusan
  6. Setelah mengkonfirmasi penghapusan akun, tunggu proses penghapusan selesai. Akun Anda akan dihapus secara permanen setelah proses selesai.

4. Langkah-Langkah Pengamanan Akun Facebook Anda

Untuk mencegah akun Facebook Anda di-hack di masa depan, berikut beberapa langkah-langkah pengamanan yang bisa Anda lakukan:

  1. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor
  2. Aktifkan fitur autentikasi dua faktor untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra pada akun Facebook Anda. Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi setiap kali login.

  3. Jangan Gunakan Password yang Sama
  4. Jangan gunakan password yang sama untuk akun Facebook dengan akun online lainnya. Gunakan password yang berbeda dan sulit ditebak untuk setiap akun.

  5. Hati-Hati dengan Phishing
  6. Waspadai upaya phishing yang berusaha mencuri informasi login Anda. Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau password melalui email atau situs yang mencurigakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengamankan akun Facebook Anda dan menghapusnya jika terjadi peretasan. Selalu ingat untuk menjaga keamanan akun online Anda dengan baik untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button