Ini Dia Cara Mudah Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Tanpa Ribet!

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan mudah digunakan, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan mudah dengan teman, keluarga, dan kolega. Namun, terkadang kita tidak sengaja menghapus chat penting di WhatsApp dan ingin mengembalikannya. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

1. Mengembalikan Chat dari Backup

Mengembalikan chat dari backup adalah cara yang paling umum digunakan untuk mendapatkan kembali chat WhatsApp yang terhapus. WhatsApp secara otomatis membuat cadangan data chat setiap hari di pukul 2 pagi, dan menyimpannya di Google Drive (untuk pengguna Android) atau iCloud (untuk pengguna iPhone). Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pergi ke “Pengaturan” atau “Settings”.
  3. Pilih opsi “Chat” atau “Chats”.
  4. Pilih “Cadangan Chat” atau “Chat Backup”.
  5. Pilih opsi “Cadangan” atau “Backup” untuk memeriksa kapan terakhir cadangan chat dibuat.
  6. Jika Anda ingin mengembalikan chat dari cadangan yang lebih lama, hapus WhatsApp dari ponsel Anda dan pasang kembali. Saat memasang ulang, Anda akan diberi opsi untuk mengembalikan chat dari cadangan yang tersimpan di Google Drive atau iCloud.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika cara pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda memulihkan chat WhatsApp yang terhapus, seperti Dr.Fone, UltData, atau PhoneRescue. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat berisiko, karena Anda perlu memberikan akses ke data pribadi Anda.

3. Memulihkan Chat Secara Manual

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat memulihkan chat secara manual. WhatsApp secara otomatis menyimpan file chat di ponsel Anda dalam format tertentu. Anda dapat mencari file tersebut di penyimpanan internal ponsel dan mengembalikannya ke aplikasi WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi File Manager di ponsel Anda.
  2. Pergi ke penyimpanan internal ponsel (biasanya di folder “WhatsApp” atau “Media”).
  3. Cari folder “Database” di dalam folder “WhatsApp”.
  4. Temukan file chat yang ingin Anda pulihkan. File chat biasanya memiliki nama “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12”.
  5. Ubah nama file menjadi “msgstore.db.crypt12”.
  6. Buka aplikasi WhatsApp dan chat tersebut akan muncul kembali.

4. Menggunakan Fitur Chat WhatsApp yang Terhapus

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur chat WhatsApp yang terhapus, yang memungkinkan pengguna untuk mengembalikan chat yang terhapus dalam waktu 7 hari sejak menghapusnya. Fitur ini secara otomatis menyimpan chat yang dihapus di folder “Sampah” selama 7 hari sebelum benar-benar menghapusnya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka WhatsApp.
  2. Pergi ke “Pengaturan” atau “Settings”.
  3. Pilih opsi “Chat” atau “Chats”.
  4. Pilih “Chat WhatsApp yang Terhapus” atau “Deleted Messages”.
  5. Arahkan ke chat yang ingin Anda pulihkan.
  6. Ketuk dan tahan chat tersebut, lalu pilih opsi “Pulihkan” atau “Restore”.

Kesimpulan

Meskipun menghapus chat WhatsApp secara tidak sengaja dapat terjadi pada siapa pun, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara untuk mengembalikannya. Anda dapat menggunakan fitur backup bawaan WhatsApp, aplikasi pihak ketiga, atau memulihkan chat secara manual. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur chat WhatsApp yang terhapus untuk mengembalikan chat dalam 7 hari sejak dihapus. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali chat WhatsApp yang terhapus. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button