Blog

Ini Dia Cara Mudah Membuat Tulisan Berjalan di Hp Tanpa Perlu Aplikasi!

Introduction

Tulisan berjalan atau biasa disebut dengan marquee adalah efek animasi yang membuat teks bergerak secara horizontal atau vertikal pada layar. Efek ini sering digunakan untuk menarik perhatian pengguna atau menampilkan informasi yang penting. Namun, tidak semua hp memiliki fitur bawaan untuk membuat tulisan berjalan. Berikut ini akan dijelaskan cara membuat tulisan berjalan di hp tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Langkah-langkah Membuat Tulisan Berjalan

  1. Siapkan Teks yang Akan Dijadikan Marquee
  2. Pertama-tama, siapkan teks atau pesan yang ingin Anda tampilkan dengan efek marquee. Pastikan teks tersebut tidak terlalu panjang agar tetap mudah dibaca saat bergerak.

  3. Buat File HTML
  4. Buka aplikasi pengolah teks seperti Notepad atau aplikasi sejenis, kemudian buat file dengan ekstensi .html untuk menuliskan kode HTML. Mulailah dengan tag <html> dan <head>.

  5. Tambahkan Kode CSS
  6. Di dalam tag <head>, tambahkan kode CSS untuk mengatur tampilan teks marquee. Misalnya, atur ukuran font, warna teks, kecepatan gerakan, dan sebagainya. Gunakan tag <style> untuk menuliskan kode CSS.

  7. Tulis Kode HTML
  8. Di dalam tag <body>, tulis kode HTML untuk menampilkan teks marquee. Gunakan tag <marquee> dan masukkan teks yang sudah disiapkan sebelumnya di dalamnya.

  9. Simpan dan Buka File HTML
  10. Setelah selesai menuliskan kode HTML dan CSS, simpan file dengan format .html. Buka file tersebut di browser di hp Anda untuk melihat efek tulisan berjalan.

Contoh Kode HTML dan CSS

Berikut ini adalah contoh kode HTML dan CSS untuk membuat tulisan berjalan di hp tanpa aplikasi tambahan:

“`html



Selamat datang di website kami!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button