Ini Dia Cara Mudah Membuat Telur Gulung Tepung yang Lezat!

Apakah Anda sedang mencari ide sarapan atau camilan yang praktis dan lezat? Telur gulung tepung dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Telur gulung tepung adalah camilan yang populer di berbagai negara, terutama di Asia Timur seperti Jepang dan Korea. Camilan ini memiliki rasa gurih dan renyah yang membuatnya disukai oleh banyak orang. Berikut ini adalah cara membuat telur gulung tepung yang mudah dan praktis untuk Anda coba.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  1. 1 butir telur
  2. 100 gram tepung terigu
  3. 100 ml air
  4. Garam secukupnya
  5. Merica bubuk secukupnya
  6. Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Membuat Adonan Telur Gulung

Pertama, siapkan mangkuk dan kocok telur dengan whisk hingga tercampur rata. Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya untuk memberi rasa pada telur. Kemudian, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur sempurna.

2. Memanggang Adonan Telur

Siapkan wajan anti lengket yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Tuang adonan telur ke wajan dan ratakan sehingga membentuk lapisan tipis. Biarkan adonan telur mengeras dan bagian bawahnya mulai berwarna kecoklatan. Setelah itu, balik adonan telur dan masak hingga kedua sisi matang sempurna. Angkat adonan telur dan diamkan sebentar hingga dingin.

3. Menggulung Adonan Telur

Pindahkan adonan telur ke atas permukaan datar dan letakkan filling (misalnya potongan wortel, selada, dan daging) di bagian atas adonan. Gulung adonan telur secara hati-hati dan rapat. Potong telur gulung menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang diinginkan.

Cara Penyajian:

Sajikan telur gulung tepung diatas piring saji dan tambahkan saus sambal atau saus favorit Anda sebagai pelengkap. Telur gulung tepung siap dinikmati selagi hangat. Cocok disajikan sebagai camilan atau tambahan dalam bekal makan siang Anda.

Tips tambahan:

  1. Anda dapat menambahkan sayuran seperti wortel, selada, dan mentimun sebagai filling telur gulung untuk memberikan rasa segar dan tekstur yang beragam.
  2. Untuk variasi rasa, Anda dapat menambahkan keju parut atau irisan daging ayam sebagai filling tambahan.
  3. Pastikan adonan telur memiliki konsistensi yang tepat agar telur gulung dapat digulung dengan mudah dan tidak rapuh.
  4. Jika Anda menyukai rasa pedas, tambahkan saus sambal atau cabai rawit iris sebagai pelengkap telur gulung tepung.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat telur gulung tepung sendiri di rumah dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button