Ini Dia Cara Mudah Membuat NPWP Online Langsung dari Hp!

Mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara Indonesia. NPWP dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti pembuatan kartu identitas, pembukaan rekening bank, serta untuk keperluan administrasi lainnya. Kini, dengan kemajuan teknologi, Anda dapat membuat NPWP secara online melalui ponsel pintar Anda. Berikut adalah panduan lengkap cara bikin NPWP online lewat HP.

1. Persiapan Sebelum Membuat NPWP Online

Sebelum Anda memulai proses pembuatan NPWP online, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan:

  • Memiliki KTP elektronik yang masih berlaku.
  • Memiliki Nomor Pokok Penduduk (NPP).
  • Memiliki kartu keluarga atau surat keterangan domisili.
  • Memastikan ponsel pintar Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

Dengan persiapan yang matang, proses pembuatan NPWP online akan menjadi lebih mudah dan lancar.

2. Mengunduh Aplikasi e-Registration

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi e-Registration yang tersedia di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam proses pendaftaran NPWP secara online.

3. Registrasi Akun

Setelah mengunduh aplikasi e-Registration, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi akun. Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Pastikan Anda mengisi data dengan benar dan sesuai dengan identitas Anda.

4. Verifikasi Identitas

Setelah registrasi akun selesai, Anda perlu melakukan verifikasi identitas. Caranya adalah dengan mengunggah foto KTP elektronik Anda, nomor Pokok Penduduk (NPP), dan kartu keluarga atau surat keterangan domisili. Pastikan semua dokumen yang diunggah jelas dan terbaca agar proses verifikasi berjalan lancar.

5. Pengisian Data Diri

Setelah identitas Anda terverifikasi, langkah berikutnya adalah mengisi data diri Anda. Anda perlu mengisi informasi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, pendidikan, serta informasi lainnya. Pastikan data yang Anda masukkan akurat dan sesuai dengan identitas Anda.

6. Pembayaran Administrasi

Setelah mengisi data diri, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran administrasi untuk proses pembuatan NPWP. Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai metode pembayaran yang disediakan dalam aplikasi e-Registration. Pastikan Anda menyimpan bukti pembayaran sebagai referensi.

7. Verifikasi dan Approval

Setelah pembayaran berhasil, Anda tinggal menunggu proses verifikasi dan persetujuan dari pihak yang berwenang. Proses ini biasanya memerlukan waktu 7-14 hari kerja. Setelah NPWP Anda disetujui, Anda akan menerima notifikasi melalui aplikasi e-Registration.

8. Pengambilan e-NPWP

Setelah NPWP Anda disetujui, Anda dapat mengambil e-NPWP Anda melalui aplikasi e-Registration. e-NPWP merupakan dokumen resmi yang dapat Anda gunakan sebagai bukti kepemilikan NPWP. Pastikan Anda menyimpan e-NPWP dengan baik untuk keperluan administrasi di masa mendatang.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat membuat NPWP secara online lewat HP dengan mudah dan cepat. Nikmati kemudahan bertransaksi dan berbagai keuntungan lainnya dengan memiliki NPWP sebagai wajib pajak yang patuh. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Pembuatan NPWP online lewat HP merupakan salah satu inovasi yang memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Dengan menggunakan teknologi, proses pembuatan NPWP menjadi lebih efisien dan cepat. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat memiliki NPWP dalam waktu singkat tanpa perlu repot datang ke kantor pajak. Jadi, jangan ragu untuk membuat NPWP online lewat HP dan tingkatkan kedisiplinan pajak Anda!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button