Ini Dia Cara Mudah Membuat Laporan PKL yang Tepat dan Efektif!

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu kegiatan yang diwajibkan bagi mahasiswa sebagai bagian dari kurikulum perkuliahan. Dalam melakukan PKL, mahasiswa dituntut untuk membuat laporan yang mendokumentasikan seluruh kegiatan yang telah dilakukan selama menjalani PKL. Berikut adalah panduan lengkap mengenai Cara Bikin Laporan PKL:

1. Persiapkan Data dan Informasi yang Dibutuhkan

Langkah pertama dalam membuat laporan PKL adalah dengan mempersiapkan data dan informasi yang dibutuhkan. Pastikan untuk mengumpulkan data-data penting seperti profil perusahaan tempat PKL dilakukan, deskripsi pekerjaan yang dilakukan, capaian yang telah dicapai, serta kesimpulan yang didapat dari pengalaman PKL.

2. Rencanakan Struktur Laporan

Setelah data dan informasi terkumpul, langkah selanjutnya adalah merencanakan struktur laporan PKL. Struktur laporan umumnya terdiri dari bagian awal yang berisi judul, pengantar, serta tujuan laporan, bagian tengah yang berisi deskripsi kegiatan PKL, dan bagian akhir yang berisi hasil evaluasi serta kesimpulan.

3. Tulis Laporan dengan Bahasa yang Jelas dan Sistematis

Selanjutnya, tulislah laporan PKL dengan bahasa yang jelas, sistematis, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau terlalu teknis sehingga pembaca dapat memahami dengan mudah isi laporan yang telah disusun.

4. Sisipkan Data Pendukung dalam Bentuk Tabel atau Grafik

Untuk memperkuat argumen yang disampaikan dalam laporan, disarankan untuk menyisipkan data pendukung dalam bentuk tabel atau grafik. Data-data ini dapat membantu pembaca untuk memahami informasi yang disampaikan dengan lebih baik.

5. Cantumkan Daftar Pustaka

Sebagai bentuk penghargaan terhadap sumber informasi yang digunakan, pastikan untuk mencantumkan daftar pustaka pada bagian akhir laporan. Daftar pustaka ini dapat berisi buku, jurnal, artikel, atau sumber informasi lainnya yang menjadi acuan dalam penulisan laporan.

6. Periksa dan Revisi Laporan Secara Teliti

Sebelum mengirimkan laporan PKL, pastikan untuk memeriksanya secara teliti. Periksa tata bahasa, ejaan, serta kesesuaian antara data yang disajikan dalam laporan. Lakukan revisi jika ditemukan kesalahan atau kekurangan dalam laporan yang telah disusun.

7. Mintalah Masukan dari Pembimbing PKL

Terakhir, sebelum menyerahkan laporan PKL, mintalah masukan dari pembimbing PKL. Pembimbing PKL dapat memberikan saran atau kritik konstruktif terkait dengan isi dan format laporan yang telah disusun, sehingga laporan dapat menjadi lebih baik sebelum diserahkan.

Dengan mengikuti panduan di atas, diharapkan anda dapat dengan mudah dan sistematis untuk membuat laporan PKL yang baik dan berkualitas. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button