Ini Dia Cara Mudah Melihat Video Yang Telah Dihapus!

Apakah pernah terjadi pada Anda ketika ingin menonton video di platform media sosial ternama, namun mendapati bahwa video tersebut telah dihapus? Hal ini tentu dapat membuat Anda kecewa, terutama jika video tersebut memiliki nilai sentimental atau informasi yang penting bagi Anda. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk tetap bisa melihat video yang sudah dihapus tersebut. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Memanfaatkan Cache Browser

Salah satu cara untuk melihat video yang sudah dihapus adalah dengan memanfaatkan cache browser. Cache browser merupakan data sementara yang disimpan oleh browser saat Anda mengakses suatu halaman web. Ketika Anda menonton video yang kemudian dihapus, kemungkinan besar video tersebut masih tersimpan dalam cache browser Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan cache browser:

1. Buka browser Anda

Buka browser yang biasa Anda gunakan untuk browsing internet, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari.

2. Akses cache browser

Ketik perintah “about:cache” pada address bar dan tekan enter. Hal ini akan membuka halaman yang berisi informasi mengenai cache browser Anda.

3. Cari URL video

Cari URL video yang sudah dihapus dengan menggunakan fitur pencarian pada halaman cache browser tersebut. Anda bisa mencari dengan menggunakan kata kunci yang terkait dengan video yang ingin Anda lihat.

4. Salin URL video

Setelah menemukan URL video yang dihapus, salin URL tersebut dan tempelkan pada address bar browser Anda. Tekan enter untuk melihat apakah video tersebut masih bisa diakses melalui cache browser.

2. Menggunakan Layanan Mirror

Selain memanfaatkan cache browser, Anda juga dapat menggunakan layanan mirror untuk melihat video yang sudah dihapus. Layanan mirror merupakan layanan yang menyimpan salinan dari halaman web, termasuk video, sehingga Anda masih bisa mengaksesnya meskipun sudah dihapus di sumber aslinya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan layanan mirror:

1. Cari layanan mirror

Cari layanan mirror yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Beberapa contoh layanan mirror yang populer antara lain Archive.org dan Wayback Machine.

2. Masukkan URL video

Masukkan URL video yang sudah dihapus ke dalam kolom pencarian pada layanan mirror yang Anda pilih.

3. Temukan video yang dihapus

Cari video yang ingin Anda lihat pada hasil pencarian layanan mirror tersebut. Biasanya, video yang sudah dihapus akan muncul dalam hasil pencarian sebagai salinan dari halaman web yang sudah disimpan sebelumnya.

4. Tonton video

Klik pada salinan video yang ingin Anda tonton dan nikmati video tersebut meskipun sudah dihapus di sumber aslinya.

3. Menggunakan Perangkat Lunak Khusus

Selain dua cara di atas, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak khusus untuk melihat video yang sudah dihapus. Perangkat lunak ini dirancang khusus untuk mengambil konten yang sudah dihapus dari internet, termasuk video, sehingga Anda tetap bisa melihatnya meskipun sudah dihapus.

Berikut adalah beberapa perangkat lunak khusus yang bisa Anda gunakan:

1. Video DownloadHelper

Video DownloadHelper adalah ekstensi browser yang memungkinkan Anda untuk mengunduh video dari berbagai situs web. Anda bisa mencoba menggunakan ekstensi ini untuk mengunduh video yang sudah dihapus.

2. Internet Download Manager (IDM)

IDM merupakan salah satu perangkat lunak download yang terkenal dan memiliki fitur yang powerful. Anda dapat mencoba menggunakan IDM untuk mengunduh video yang sudah dihapus dengan mudah.

3. JDownloader

JDownloader adalah perangkat lunak open-source yang memungkinkan Anda untuk mengunduh file dari berbagai layanan hosting. Anda bisa mencoba menggunakan JDownloader untuk mengunduh video yang sudah dihapus dari berbagai sumber.

4. Minta Salinan Video kepada Pembuatnya

Jika Anda benar-benar ingin melihat video yang sudah dihapus dan tidak menemukan cara-cara di atas efektif, Anda bisa mencoba untuk menghubungi pembuat video tersebut langsung. Minta kepada pembuat video untuk mengirimkan salinan video tersebut kepada Anda agar Anda tetap bisa menikmati kontennya.

Pastikan untuk memberikan alasan yang jelas dan sopan kepada pembuat video mengapa Anda ingin mendapatkan salinan video tersebut. Siapa tahu, pembuat video bersedia untuk membagikan salinannya kepada Anda.

5. Jangan Menyimpan Video Secara Langsung

Terakhir, ingatlah untuk tidak menyimpan video secara langsung tanpa izin dari pemilik aslinya. Meskipun video telah dihapus di platform aslinya, itu belum berarti Anda bisa dengan bebas menyimpan dan mendistribusikan video tersebut tanpa izin.

Pastikan untuk selalu menghargai hak cipta dan privasi dari pemilik video. Gunakan cara-cara di atas dengan bijak dan tetap menghormati hak-hak dari pembuat konten yang bersangkutan.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda masih memiliki peluang untuk melihat video yang sudah dihapus dan tetap menikmati kontennya. Namun, ingatlah untuk selalu menggunakan cara yang legal dan etis dalam mengakses konten yang sudah dihapus tersebut.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin melihat video yang sudah dihapus. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button