Ini Dia Cara Mudah Melihat NISN Siswa Secara Online, Wajib Tahu!

Jika Anda seorang orangtua atau siswa yang ingin mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Anda berada di tempat yang tepat! NISN adalah nomor unik yang diberikan kepada setiap siswa di Indonesia. NISN penting untuk berbagai keperluan administratif pendidikan, mulai dari pendaftaran sekolah hingga pengisian formulir ujian nasional.

1. Kunjungi Situs Resmi Dapodik

Situs Resmi Dapodik merupakan portal resmi yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Anda bisa mengaksesnya melalui tautan https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil sebelum melanjutkan proses ini.

2. Pilih Menu “Login”

Setelah berhasil membuka situs Dapodik, carilah menu “Login” yang biasanya terletak di bagian atas halaman situs. Klik pada menu tersebut untuk masuk ke dalam akun Dapodik Anda.

3. Masukkan Data Login

Pada halaman login, Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Pastikan Anda memasukkan data dengan benar untuk menghindari kesalahan saat proses masuk ke akun.

4. Akses Data Siswa

Setelah berhasil masuk ke akun Dapodik, carilah menu atau opsi yang memungkinkan Anda untuk mengakses data siswa. Biasanya, terdapat menu “Data Siswa” atau “Cari Data Siswa” yang memungkinkan Anda untuk mencari NISN siswa yang Anda cari.

5. Cari NISN Siswa

Pada kolom pencarian data siswa, masukkan informasi yang diperlukan untuk menemukan NISN yang Anda cari. Informasi yang biasanya diminta adalah nama lengkap siswa, tanggal lahir, atau nomor induk siswa (NIS) jika Anda sudah mengetahuinya.

6. Temukan NISN

Setelah memasukkan informasi yang diperlukan, tekan tombol “Cari” atau “Search” untuk memulai pencarian NISN siswa yang Anda cari. Tunggu beberapa saat hingga sistem menemukan data yang sesuai dengan informasi yang Anda berikan.

7. Catat NISN

Setelah sistem berhasil menemukan data siswa yang Anda cari, NISN siswa tersebut akan ditampilkan di layar. Pastikan Anda mencatat NISN dengan benar untuk keperluan administratif yang diperlukan.

8. Selesai

Setelah berhasil menemukan NISN siswa yang Anda cari, Anda bisa keluar dari akun Dapodik dan menyimpan data NISN tersebut untuk keperluan di masa depan. Proses melihat NISN secara online merupakan cara yang efektif dan efisien untuk memperoleh informasi yang Anda butuhkan.

Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sangat penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari memiliki NISN:

  1. Pendaftaran Sekolah: NISN diperlukan saat mendaftarkan siswa baru ke sekolah. NISN membantu proses administrasi pendidikan menjadi lebih mudah dan efisien.
  2. Ujian Nasional: NISN diperlukan saat mengikuti ujian nasional. Tanpa NISN, siswa tidak bisa mengikuti ujian nasional yang merupakan salah satu syarat kelulusan di tingkat sekolah menengah.
  3. Pelacakan Data Siswa: Dengan adanya NISN, data siswa dapat dilacak dengan mudah dan akurat. Hal ini memudahkan pihak sekolah maupun pemerintah dalam memantau perkembangan pendidikan siswa.
  4. Subsidi Pendidikan: Beberapa program subsidi pendidikan meminta NISN sebagai salah satu persyaratan. Dengan memiliki NISN, siswa bisa lebih mudah mengakses berbagai bantuan pendidikan dari pemerintah.

Melihat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) secara online bisa dilakukan dengan mudah melalui situs resmi Dapodik. Dengan memiliki NISN, siswa dan orangtua akan mendapatkan kemudahan dalam berbagai proses administratif pendidikan. Pastikan Anda mencatat NISN dengan benar dan menyimpannya dengan baik untuk keperluan di masa depan.

Dengan demikian, pengetahuan mengenai cara melihat NISN secara online dapat membantu mempermudah berbagai proses pendidikan yang melibatkan penggunaan NISN. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button