Ini Dia Cara Mudah Melihat Chat yang Sudah Dihapus di WhatsApp!

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Pengguna WhatsApp seringkali mengirim dan menerima banyak pesan setiap hari. Namun, terkadang ada situasi di mana seseorang menghapus pesan yang sudah dikirim. Apakah kamu pernah mengalami hal ini dan ingin tahu bagaimana cara melihat chat yang sudah dihapus di WhatsApp? Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba:

1. Melalui Notifikasi

Jika seseorang mengirim pesan ke kamu dan kemudian menghapusnya, kamu masih bisa melihat pesan tersebut melalui notifikasi yang muncul di layar ponsel kamu. Notifikasi tersebut mungkin berisi sebagian isi pesan atau hanya menampilkan kata “this message was deleted”. Meskipun kamu tidak bisa melihat pesan secara lengkap, setidaknya kamu masih bisa mengetahui bahwa ada pesan yang dihapus oleh pengirim.

2. Melalui Backup Chat

Backup chat adalah fitur yang disediakan oleh WhatsApp untuk menyimpan salinan pesan-pesan yang kamu terima dan kirim. Dengan melakukan backup chat secara rutin, kamu bisa melihat pesan yang sudah dihapus di WhatsApp. Caranya adalah dengan menghapus aplikasi WhatsApp dari ponsel kamu dan menginstal ulang aplikasi tersebut. Saat melakukan proses instal ulang, WhatsApp akan menawarkan untuk mengembalikan chat dari backup terakhir yang tersimpan. Dengan begitu, pesan yang sudah dihapus pun bisa kembali terlihat.

3. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Selain metode di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Beberapa aplikasi seperti WhatsRemoved+ atau Notification History dapat membantu kamu melihat pesan yang dihapus oleh pengirim. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga juga berisiko terhadap keamanan data pribadi kamu, jadi pastikan untuk membaca kebijakan privasi sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

4. Meminta Ulang Pesan

Jika seseorang menghapus pesan yang dikirim ke kamu, kamu juga bisa meminta pengirim untuk mengirim ulang pesan tersebut. Hal ini mungkin tidak selalu efektif, terutama jika pengirim telah menghapus pesan tersebut dengan sengaja atau telah meninggalkan percakapan. Namun, jika pesan tersebut penting dan perlu kamu simpan, meminta ulang pesan adalah cara terbaik untuk memastikan pesan tetap ada.

5. Membuka WhatsApp Web

WhatsApp Web adalah versi WhatsApp yang bisa diakses melalui browser di laptop atau komputer. Jika seseorang menghapus pesan di WhatsApp versi ponsel, pesan tersebut mungkin masih bisa dilihat di WhatsApp Web. Caranya adalah dengan membuka WhatsApp Web menggunakan QR code yang terdapat di aplikasi WhatsApp di ponsel kamu. Dengan begitu, kamu bisa melihat pesan yang sudah dihapus di WhatsApp melalui layar komputer atau laptop.

6. Menggunakan Fitur Unduhan Pesan

Fitur Unduhan Pesan adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengunduh salinan percakapan WhatsApp yang telah kamu lakukan. Dengan melakukan unduhan pesan secara rutin, kamu bisa menyimpan pesan yang telah dihapus oleh pengirim. Caranya adalah dengan membuka percakapan yang ingin kamu simpan, lalu pilih opsi “More” dan pilih “Export Chat”. Kemudian, pilih apakah kamu ingin mengunduh chat dengan atau tanpa media, dan simpan file chat tersebut di penyimpanan ponsel kamu.

7. Memanfaatkan Fitur Forward

Jika seseorang menghapus pesan yang dikirim ke kamu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur forward untuk menyimpan pesan tersebut. Caranya adalah dengan meneruskan pesan yang kamu terima ke percakapan lain atau ke diri sendiri. Dengan begitu, pesan yang telah dihapus oleh pengirim akan tetap tersimpan di percakapan tersebut dan bisa kamu lihat kapan pun kamu inginkan.

8. Tetap Menghormati Privasi

Terakhir, penting untuk tetap menghormati privasi orang lain meskipun kamu bisa melihat pesan yang sudah dihapus di WhatsApp. Jangan menyebarkan atau menyimpan pesan tersebut tanpa izin dari pengirim, karena hal tersebut bisa melanggar privasi dan membuat orang lain merasa tidak nyaman. Gunakan informasi yang kamu dapatkan dengan bijaksana dan pertimbangkan dampaknya terhadap hubungan kamu dengan orang tersebut.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu bisa tetap melihat pesan yang sudah dihapus di WhatsApp meskipun pengirimnya sudah menghapusnya. Ingatlah untuk selalu menggunakan informasi tersebut dengan bijaksana dan menjaga privasi orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu menyelesaikan masalah terkait chat yang sudah dihapus di WhatsApp. Terima kasih!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button