Ini Dia Cara Mudah dan Cepat Membuat SKCK di Polsek, Simak Tutorialnya!

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah salah satu dokumen penting yang diperlukan dalam berbagai proses administrasi, seperti melamar pekerjaan, mengurus visa, atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan SKCK, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajukan permohonan ke Kepolisian Sektor (Polsek) terdekat. Berikut adalah langkah-langkah lengkap mengenai cara membuat SKCK di Polsek:

1. Persiapkan Dokumen-dokumen Pendukung

Sebelum mengajukan permohonan pembuatan SKCK, pastikan untuk menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan. Beberapa dokumen yang biasanya diminta antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP): Dokumen identitas utama yang harus disertakan.
  • Kartu Keluarga (KK): Sebagai bukti hubungan keluarga.
  • Akta Kelahiran: Untuk pengecekan data diri.
  • Ijazah Terakhir: Sebagai salah satu bukti pendidikan.

2. Kunjungi Polsek Terdekat

Langkah selanjutnya adalah mengunjungi Polsek terdekat dari tempat tinggal Anda. Pastikan untuk datang pada jam kerja dan hari yang sudah ditentukan untuk pelayanan pembuatan SKCK. Setiap Polsek biasanya memiliki jadwal pelayanan yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk mengecek terlebih dahulu.

3. Mengisi Formulir Permohonan SKCK

Setelah sampai di Polsek, minta formulir permohonan SKCK kepada petugas yang bertugas. Isilah formulir tersebut dengan lengkap dan sesuai dengan data yang tertera di dokumen-dokumen pendukung yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan data, agar proses pembuatan SKCK berjalan lancar.

4. Verifikasi Data

Setelah mengisi formulir permohonan, petugas akan melakukan verifikasi data dengan dokumen-dokumen yang Anda berikan. Pastikan untuk menyerahkan dokumen asli dan salinan dokumen tersebut agar proses verifikasi berjalan dengan cepat. Selain itu, petugas juga dapat melakukan wawancara untuk memastikan kebenaran data yang Anda berikan.

5. Pembayaran Biaya Administrasi

Setelah data diverifikasi, petugas akan memberitahukan kepada Anda mengenai biaya administrasi yang harus dibayar untuk pembuatan SKCK. Pastikan untuk membayar biaya tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Biasanya biaya administrasi untuk pembuatan SKCK cukup terjangkau, namun bisa bervariasi setiap daerah.

6. Proses Cetak SKCK

Setelah melakukan pembayaran biaya administrasi, petugas akan memproses pencetakan SKCK Anda. Proses ini biasanya memerlukan waktu tertentu, tergantung dari kebijakan dan prosedur yang berlaku di masing-masing Polsek. Pastikan untuk menanyakan estimasi waktu selesai kepada petugas agar Anda bisa mengambil SKCK tepat waktu.

7. Pengambilan SKCK

Setelah SKCK Anda selesai dicetak, petugas akan memberitahukan kepada Anda untuk melakukan pengambilan. Pastikan untuk membawa bukti pembayaran dan dokumen identitas asli saat melakukan pengambilan SKCK. Periksa kembali data yang tertera di SKCK apakah sudah benar dan sesuai sebelum meninggalkan Polsek.

8. Simpan SKCK Dengan Baik

Setelah mendapatkan SKCK, pastikan untuk menyimpannya dengan baik dan hindari kerusakan atau kehilangan. SKCK adalah dokumen penting yang dapat digunakan dalam berbagai keperluan, jadi pastikan untuk selalu membawanya ketika diperlukan.

Demikianlah cara membuat SKCK di Polsek yang dapat Anda lakukan. Pastikan untuk mengikuti setiap langkah dengan teliti agar proses pembuatan SKCK berjalan lancar. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan SKCK untuk keperluan berbagai proses administrasi.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button