Ini Dia Cara Mudah dan Cepat Kirim CV Lewat Email yang Harus Kamu Ketahui!

1. Persiapkan CV dan Surat Lamaran

Langkah pertama sebelum mengirim CV lewat email adalah mempersiapkan CV dan surat lamaran yang akan dikirimkan. Pastikan CV dan surat lamaran sudah terupdate dan sesuai dengan posisi yang dilamar. Gunakan format file PDF untuk menghindari perubahan format saat dikirimkan.

2. Tulis Email yang Profesional

Saat mengirim CV lewat email, pastikan untuk menulis email yang profesional. Mulailah dengan menyebutkan tujuan email dan posisi yang dilamar. Jelaskan secara singkat mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut dan kenapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

3. Sertakan CV dan Surat Lamaran sebagai Lampiran

Saat mengirim email, jangan lupa untuk menyertakan CV dan surat lamaran sebagai lampiran. Berikan nama file yang jelas dan deskriptif agar mudah dikenali oleh penerima. Pastikan ukuran file tidak terlalu besar agar mudah diunduh oleh penerima.

4. Periksa Kembali Email Sebelum Mengirim

Sebelum mengirim email, pastikan untuk memeriksa kembali email yang sudah Anda tulis. Periksa ejaan, tata bahasa, dan format lampiran. Pastikan tidak ada kesalahan yang dapat memengaruhi kesan Anda kepada penerima email.

5. Gunakan Subject Email yang Menarik

Gunakan subject email yang menarik dan menggambarkan isi dari email yang dikirimkan. Hindari menggunakan subject email yang generik seperti “Lamaran Pekerjaan”, namun lebih baik gunakan subject yang spesifik seperti “Lamaran Posisi Marketing Manager – Nama Anda”.

6. Tunggu Konfirmasi dari Penerima

Setelah mengirimkan email, tunggu konfirmasi dari penerima email. Berikan waktu yang cukup untuk penerima email melakukan pengecekan CV dan surat lamaran yang Anda kirimkan. Jika dalam beberapa hari tidak ada balasan, Anda dapat melakukan follow-up dengan mengirimkan email reminder.

7. Jaga Etika dalam Berkomunikasi

Saat berkomunikasi melalui email, jaga etika dalam berbicara dan menulis. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan sampaikan apresiasi Anda kepada penerima email.

8. Ikuti Instruksi yang Diberikan

Jika dalam email balasan terdapat instruksi tambahan yang diberikan oleh penerima email, pastikan untuk mengikuti instruksi tersebut dengan cermat. Hal ini menunjukkan bahwa Anda adalah sosok yang teliti dan dapat dipercaya dalam menjalankan tugas.

9. Manfaatkan Kesempatan untuk Menonjolkan Diri

Gunakan email sebagai kesempatan untuk menonjolkan diri dan menunjukkan keunggulan Anda sebagai kandidat yang potensial. Sampaikan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang dilamar.

10. Tetap Berusaha dan Bersabar

Terakhir, tetap berusaha dan bersabar dalam proses melamar pekerjaan. Jika belum mendapatkan balasan atau mendapatkan tanggapan negatif, jangan menyerah. Teruslah mencari kesempatan dan perbaiki diri Anda untuk menjadi kandidat yang lebih baik.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button