Ini Dia Cara Mengerjakan Pecahan dengan Mudah dan Cepat!

Pecahan merupakan salah satu konsep matematika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pecahan merupakan bagian dari keseluruhan yang terbagi menjadi beberapa bagian yang sama besar. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengerjakan pecahan secara lengkap dan informatif. Simak penjelasan di bawah ini:

1. Pengertian Pecahan

Sebelum kita mempelajari cara mengerjakan pecahan, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari pecahan itu sendiri. Pecahan merupakan bentuk bilangan yang terdiri dari dua bagian, yaitu pembilang dan penyebut. Pembilang merupakan bagian atas dari pecahan, sedangkan penyebut merupakan bagian bawah dari pecahan. Pecahan dituliskan dalam bentuk a/b, dimana a merupakan pembilang dan b merupakan penyebut.

2. Cara Mengerjakan Pecahan Biasa

Pecahan biasa adalah pecahan yang memiliki pembilang lebih kecil dari pada penyebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengerjakan pecahan biasa:

  1. Penjumlahan Pecahan Biasa
  2. Untuk menjumlahkan dua pecahan biasa, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyamakan penyebut kedua pecahan. Kemudian, tambahkan pembilangnya dan sederhanakan jika diperlukan.

  3. Pengurangan Pecahan Biasa
  4. Untuk mengurangkan dua pecahan biasa, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyamakan penyebut kedua pecahan. Kemudian, kurangkan pembilangnya dan sederhanakan jika diperlukan.

  5. Perkalian Pecahan Biasa
  6. Untuk mengalikan dua pecahan biasa, kalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Kemudian sederhanakan hasilnya jika diperlukan.

  7. Pembagian Pecahan Biasa
  8. Untuk membagi dua pecahan biasa, balik pecahan kedua (penyebut menjadi pembilang dan sebaliknya) lalu kalikan pecahan pertama dengan pecahan kedua. Sederhanakan hasilnya jika diperlukan.

3. Cara Mengerjakan Pecahan Campuran

Pecahan campuran merupakan gabungan antara bilangan bulat dengan pecahan biasa. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengerjakan pecahan campuran:

  1. Menjumlahkan Pecahan Campuran
  2. Untuk menjumlahkan dua pecahan campuran, ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Kemudian, ikuti langkah-langkah penjumlahan pecahan biasa seperti di atas.

  3. Mengurangkan Pecahan Campuran
  4. Untuk mengurangkan dua pecahan campuran, ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Kemudian, ikuti langkah-langkah pengurangan pecahan biasa seperti di atas.

  5. Mengalikan Pecahan Campuran
  6. Untuk mengalikan dua pecahan campuran, ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Kemudian, ikuti langkah-langkah perkalian pecahan biasa seperti di atas.

  7. Membagi Pecahan Campuran
  8. Untuk membagi dua pecahan campuran, ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Kemudian, ikuti langkah-langkah pembagian pecahan biasa seperti di atas.

4. Contoh Soal PecahanUntuk memahami lebih jelas cara mengerjakan pecahan, berikut adalah beberapa contoh soal pecahan beserta pembahasannya:

  1. Contoh Soal 1: Jumlahkanlah pecahan 2/3 dengan 1/4
  2. Langkah 1: Menyamakan penyebut, sehingga menjadi 8/12 + 3/12 = 11/12

  3. Contoh Soal 2: Kurangkanlah pecahan 5/6 dengan 2/3
  4. Langkah 1: Menyamakan penyebut, sehingga menjadi 5/6 – 4/6 = 1/6

  5. Contoh Soal 3: Kalikanlah pecahan 2/5 dengan 3/4
  6. Langkah 1: Kalikan pembilang, sehingga menjadi 6/20

  7. Contoh Soal 4: Bagilah pecahan 3/5 dengan 1/4
  8. Langkah 1: Balik pecahan kedua, sehingga menjadi 3/5 * 4/1 = 12/5

Dengan memahami cara mengerjakan pecahan, diharapkan pembaca dapat lebih menguasai konsep matematika ini. Pecahan tidak hanya penting dalam matematika, namun juga dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam masalah keuangan dan memasak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button