Blog

Ini Dia! Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 11 Agar Tidak Bikin Mata Lelah

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang telah diluncurkan dengan berbagai fitur baru yang menarik, termasuk tampilan yang lebih segar dan modern. Salah satu hal yang sering diperhatikan oleh pengguna laptop adalah kecerahan layar. Kecerahan layar yang tidak tepat dapat membuat mata cepat lelah dan mengganggu pengalaman pengguna. Di dalam artikel ini, kita akan membahas caranya mengatur kecerahan layar laptop pada Windows 11 agar pengguna bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

1. Menggunakan Tombol Kecil pada Laptop

Cara termudah untuk mengatur kecerahan layar laptop pada Windows 11 adalah dengan menggunakan tombol kecil yang biasanya terletak di bagian atas keyboard laptop. Tombol ini biasanya memiliki simbol matahari atau gambar yang menunjukkan kontrol kecerahan layar. Untuk meningkatkan kecerahan layar, pengguna tinggal menekan tombol tersebut ke arah atas. Sedangkan untuk mengurangi kecerahan layar, pengguna cukup menekan tombol ke arah bawah.

2. Mengatur Kecerahan Melalui Settings Windows 11

Jika pengguna tidak menemukan tombol kecil untuk mengatur kecerahan layar, pengguna bisa memanfaatkan Settings Windows 11 untuk melakukan pengaturan kecerahan layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Settings dengan klik logo Windows dan pilih ikon gear icon. Atau bisa juga menggunakan shortcut Windows key + I.
  2. Pilih System dari menu pilihan.
  3. Pada bagian Display, scroll ke bawah hingga menemukan opsi Brightness and color.
  4. Pada opsi Brightness, pengguna bisa menggeser slider ke kanan untuk meningkatkan kecerahan layar atau ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

3. Mengatur Kecerahan Melalui Control Panel

Selain menggunakan Settings Windows 11, pengguna juga bisa mengatur kecerahan layar melalui Control Panel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel dengan melakukan pencarian di taskbar.
  2. Pilih Appearance and Personalization.
  3. Pilih Adjust screen brightness di bawah bagian Display.
  4. Selanjutnya, pengguna bisa mengatur kecerahan layar dengan menggeser slider sesuai kebutuhan.

4. Menggunakan Fitur Adaptive Brightness

Windows 11 juga dilengkapi dengan fitur Adaptive Brightness yang memungkinkan sistem untuk menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar. Fitur ini berguna untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna terutama saat menggunakan laptop di berbagai kondisi pencahayaan yang berbeda. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa melakukan langkah berikut:

  1. Buka Settings dan pilih System.
  2. Pilih Display dan aktifkan opsi Change brightness automatically when lighting changes.

Dengan mengaktifkan fitur Adaptive Brightness, pengguna tidak perlu lagi repot mengatur kecerahan layar secara manual.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan Windows 11, pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengatur kecerahan layar. Beberapa aplikasi populer seperti Dimmer, Monitorian, dan LightBulb dapat membantu pengguna untuk mengatur kecerahan layar dengan lebih fleksibel.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat dengan mudah mengatur kecerahan layar laptop pada Windows 11 sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Pastikan untuk mengatur kecerahan layar yang nyaman agar pengalaman menggunakan laptop menjadi lebih menyenangkan dan tidak mengganggu kesehatan mata.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button