Blog

Ini Dia Cara Memilih Kursi Kereta Ekonomi Supaya Tetap Nyaman!

Memilih kursi kereta api yang nyaman adalah hal yang penting ketika Anda melakukan perjalanan jauh dengan kereta ekonomi. Memilih kursi yang tepat akan membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih kursi kereta ekonomi agar tidak merasa mundur:

1. Lakukan Pemesanan Kursi Sebelumnya

Jika Anda memiliki jadwal perjalanan yang pasti, sebaiknya lakukan pemesanan kursi kereta sebelumnya. Dengan melakukan pemesanan lebih awal, Anda bisa memilih kursi yang sesuai dengan preferensi Anda. Kursi terbaik biasanya cepat terjual, jadi sebaiknya pesan kursi Anda sesegera mungkin.

2. Pilih Kursi Depan atau Tengah

Pilihlah kursi yang berada di bagian depan atau tengah kereta. Kursi-kursi ini biasanya lebih stabil dan kurang terpengaruh oleh goncangan saat kereta berjalan. Jika memungkinkan, pilihlah kursi yang berada dekat dengan pintu keluar agar Anda bisa dengan mudah keluar saat tiba di stasiun tujuan.

3. Cek Jumlah Penumpang di Sekitar Kursi

Sebelum memilih kursi, pastikan untuk melihat jumlah penumpang di sekitar kursi yang Anda pilih. Hindari memilih kursi yang berdekatan dengan keluarga besar atau rombongan yang berisik. Pilihlah kursi yang berada di tengah-tengah penumpang yang cenderung lebih tenang.

4. Perhatikan Arah Perjalanan

Perhatikan arah perjalanan kereta sebelum memilih kursi. Sebaiknya pilih kursi yang berada di arah perjalanan kereta, agar Anda tidak merasa pusing atau mual selama perjalanan. Kursi-kursi yang menghadap arah perjalanan juga biasanya lebih nyaman karena Anda bisa melihat pemandangan di luar jendela dengan jelas.

5. Hindari Kursi yang Berdekatan dengan Toilet

Kursi yang berdekatan dengan toilet bisa menjadi pilihan yang tidak nyaman. Bau tidak sedap dan keramaian di sekitar toilet bisa mengganggu kenyamanan perjalanan Anda. Sebisa mungkin hindari memilih kursi yang dekat dengan toilet untuk menghindari gangguan tersebut.

6. Pertimbangkan Fasilitas Kereta

Perhatikan fasilitas yang disediakan di dalam kereta sebelum memilih kursi. Jika Anda ingin menggunakan toilet atau pantry secara rutin, pilihlah kursi yang berada dekat dengan fasilitas tersebut. Namun, jika Anda ingin suasana yang tenang dan bebas gangguan, pilihlah kursi yang berada di bagian kereta yang lebih terpencil.

7. Pilih Kursi Jendela atau Aisle

Pilihlah kursi jendela jika Anda ingin menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan. Namun, jika Anda sering pergi ke toilet atau ingin lebih leluasa bergerak, pilihlah kursi di samping lorong (aisle). Kedua jenis kursi ini memiliki kelebihan masing-masing, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

8. Periksa Review dari Penumpang Lain

Sebelum memilih kursi, periksa review dari penumpang lain mengenai kursi tersebut. Anda bisa mencari informasi melalui forum perjalanan online atau situs review perjalanan. Review dari penumpang lain bisa memberikan gambaran yang jelas mengenai kenyamanan kursi tersebut.

9. Berkomunikasi dengan Petugas Kereta

Jika Anda masih bingung dalam memilih kursi, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan petugas kereta. Tanyakan pada petugas mengenai kursi mana yang direkomendasikan untuk perjalanan Anda. Petugas kereta biasanya memiliki informasi yang lengkap mengenai kursi yang tersedia di kereta tersebut.

10. Cek Kondisi Kursi

Sebelum duduk, pastikan untuk memeriksa kondisi kursi terlebih dahulu. Pastikan kursi dalam kondisi baik dan tidak rusak. Hindari memilih kursi yang bergoyang atau tidak stabil karena itu akan membuat perjalanan Anda tidak nyaman. Pilihlah kursi yang kokoh dan nyaman untuk perjalanan Anda.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda bisa memilih kursi kereta ekonomi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Memilih kursi yang tepat akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button