Ini Dia Cara Membuka Infus dengan Mudah dan Simpel, Yuk Simak!

Infus merupakan salah satu alat medis yang digunakan untuk mengalirkan cairan ke dalam tubuh pasien. Infus biasanya dipasang oleh tenaga medis di rumah sakit atau klinik. Namun, terkadang kita perlu membuka atau mengganti infus sendiri di rumah apabila disarankan oleh dokter. Berikut adalah langkah-langkah cara membuka infus dengan benar:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum membuka infus, pastikan kamu telah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, seperti sarung tangan sekali pakai, alkohol swab, gunting, dan plester.

2. Kenakan Sarung Tangan

Sebelum memulai proses membuka infus, pastikan untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai untuk menjaga kebersihan dan mencegah terjadinya infeksi.

3. Bersihkan Area Infus

Gunakan alkohol swab untuk membersihkan area sekitar infus. Pastikan area tersebut bersih dan bebas dari kotoran agar proses pembukaan infus dapat dilakukan dengan sterile.

4. Potong Plester Infus

Gunting plester yang menempel di kulit untuk membebaskan selang infus. Pastikan waktu memotong plester, gunting jauh dari kulit agar tidak melukai pasien.

5. Lepaskan Selang Infus dari Saluran Darah

Setelah plester terlepas, perlahan-lahan lepaskan selang infus dari saluran darah pasien. Pastikan tidak ada darah yang tumpah atau tercecer selama proses ini.

6. Buang Infus Bekas dengan Benar

Setelah selang infus dilepaskan, buang infus bekas ke tempat sampah medis yang sesuai. Pastikan untuk membungkus infus bekas dengan baik agar tidak menularkan penyakit kepada orang lain.

7. Perhatikan Tanda-tanda Infeksi

Setelah membuka infus, perhatikan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak, atau nyeri di area infus. Apabila terjadi gejala infeksi, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

8. Jangan Mencoba Membuka Infus Sendiri Jika Tidak Yakin

Jika kamu tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam membuka infus, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau perawat. Membuka infus dengan cara yang salah dapat menimbulkan risiko infeksi dan cedera.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan proses membuka infus dapat dilakukan dengan aman dan benar. Pastikan selalu mengikuti petunjuk dari tenaga medis atau dokter untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button