Ini Dia Cara Membuat Titik Panjang Di Word yang Praktis dan Mudah!

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Dalam menulis dokumen, terkadang kita membutuhkan variasi dalam penggunaan tanda baca, seperti titik panjang. Titik panjang atau tiga titik adalah tanda baca yang digunakan untuk menandai penghilangan atau penambahan dalam sebuah kutipan, penandaan keheningan, atau kesengajaan atau ketidaksepakatan dalam sebuah kalimat.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan belajar bagaimana membuat titik panjang di Word dengan mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Pilihan Tanda Baca di Word

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan pilihan tanda baca yang telah disediakan di Microsoft Word. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Word yang ingin Anda buat.
  2. Posisikan kursor di tempat di mana Anda ingin menambahkan titik panjang.
  3. Pergi ke tab “Insert” di menu bar.
  4. Pilih opsi “Symbol” di grup “Symbols”.
  5. Pilih “More Symbols”.
  6. Pilih “General Punctuation” dari dropdown “Subset”.
  7. Cari dan pilih karakter “Horizontal Ellipsis” yang merupakan tiga titik.
  8. Klik “Insert” dan tutup jendela.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan titik panjang ke dokumen Word Anda.

2. Menggunakan Shortcut Keyboard

Jika Anda sering menggunakan titik panjang dalam dokumen Word, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard untuk mempercepat prosesnya. Berikut adalah shortcut keyboard yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan titik panjang:

  1. Untuk Windows: Tekan tombol “Alt” + “Ctrl” + “.” (titik).
  2. Untuk Mac: Tekan tombol “Option” + “;” (titik koma).

Dengan menggunakan shortcut keyboard di atas, Anda dapat menambahkan titik panjang dengan lebih cepat dan efisien.

3. Menggunakan AutoCorrect

Fitur AutoCorrect di Word dapat membantu Anda menambahkan titik panjang secara otomatis ketika Anda mengetikkan sejumlah titik. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur AutoCorrect:

  1. Buka dokumen Word.
  2. Pergi ke tab “File” di menu bar.
  3. Pilih “Options”.
  4. Pilih “Proofing”.
  5. Klik “AutoCorrect Options”.
  6. Pada bagian “Replace”, masukkan sejumlah tanda titik (misalnya …, …., …..) diikuti dengan “With” yang merupakan tanda titik panjang.
  7. Klik “Add” dan kemudian “OK” untuk menyimpan perubahan.

Dengan cara ini, Word akan secara otomatis menggantikan sejumlah tanda titik yang Anda masukkan dengan titik panjang saat Anda mengetikkan dokumen.

4. Menggunakan Lambang Khusus

Jika Anda ingin menambahkan titik panjang ke dokumen Word Anda dengan cara yang lebih kreatif, Anda dapat menggunakan lambang khusus atau karakter Unicode untuk titik panjang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Word.
  2. Pergi ke tab “Insert” di menu bar.
  3. Pilih “Symbol” di grup “Symbols”.
  4. Pilih “More Symbols”.
  5. Pilih “Geometric Shapes” dari dropdown “Subset”.
  6. Cari dan pilih karakter “White Vertical Ellipse” yang merupakan tanda titik panjang.
  7. Klik “Insert” dan tutup jendela.

Dengan menggunakan lambang khusus ini, Anda dapat menambahkan titik panjang dengan gaya yang berbeda dan menarik dalam dokumen Word Anda.

5. Menggunakan Add-In atau Template

Jika Anda sering menggunakan titik panjang atau tanda baca lainnya dalam dokumen Word Anda, Anda juga dapat menginstal add-in atau menggunakan template khusus yang menyediakan berbagai pilihan tanda baca. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan titik panjang dan tanda baca lainnya tanpa harus repot mencarinya satu per satu.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat titik panjang di Word. Dengan memahami dan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menulis dokumen dengan lebih kreatif dan varian. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button