Ini Dia Cara Membuat Tabel Praktis di Microsoft Word!

Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang paling populer digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain digunakan untuk menulis dan mengedit teks, Microsoft Word juga memiliki fitur untuk membuat tabel. Membuat tabel di Microsoft Word dapat membantu Anda menyusun data dengan rapi dan mudah dibaca. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Membuat Tabel Sederhana

Langkah pertama untuk membuat tabel di Microsoft Word adalah membuka dokumen kosong atau dokumen yang sudah ada. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih Tab “Insert”
  2. Pertama, buka tab “Insert” di menu bar Microsoft Word Anda. Tab ini berisi berbagai opsi untuk menyisipkan elemen-elemen tambahan ke dalam dokumen Anda.

  3. Klik “Table”
  4. Setelah Anda membuka tab “Insert”, kemudian arahkan kursor mouse Anda ke opsi “Table”. Klik opsi tersebut untuk menampilkan opsi pembuatan tabel.

  5. Geser Mouse untuk Menentukan Ukuran Tabel
  6. Selanjutnya, geser mouse Anda di atas grid yang muncul untuk menentukan ukuran tabel yang ingin Anda buat. Sorot kolom dan baris yang Anda inginkan dengan menggerakkan kursor mouse.

  7. Klik untuk Menyelesaikan
  8. Setelah Anda menentukan ukuran tabel, klik untuk menyelesaikan proses pembuatan tabel. Microsoft Word akan secara otomatis membuat tabel dengan ukuran yang telah Anda tentukan.

Menyunting Tabel

Selanjutnya, setelah Anda membuat tabel, Anda bisa menyuntingnya sesuai kebutuhan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyunting tabel di Microsoft Word:

  1. Pilih Tabel
  2. Klik di dalam tabel yang telah Anda buat untuk memilih keseluruhan tabel. Saat Anda memilih tabel, Anda akan melihat tab “Table Design” dan “Layout” muncul di menu bar Microsoft Word.

  3. Ganti Ukuran Tabel
  4. Untuk mengganti ukuran tabel, Anda bisa mengarahkan kursor ke pojok kanan bawah tabel. Kemudian, geser mouse untuk memperbesar atau memperkecil ukuran tabel sesuai kebutuhan.

  5. Menambah atau Menghapus Kolom/Baris
  6. Anda juga bisa menambah atau menghapus kolom dan baris di tabel. Pilih kolom atau baris yang ingin Anda tambahkan atau hapus, lalu klik di opsi “Insert” atau “Delete” di tab “Layout”.

  7. Memformat Tabel
  8. Untuk memformat tabel, Anda bisa menggunakan opsi di tab “Table Design” seperti mengubah warna background, mengatur border, atau memilih gaya tabel yang diinginkan.

Menambahkan Isi ke dalam Tabel

Selain membuat dan menyunting tabel, Anda juga perlu menambahkan isi ke dalam tabel tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pindah ke Sel Berikutnya
  2. Untuk pindah ke sel berikutnya di dalam tabel, Anda bisa menekan tombol “Tab” pada keyboard Anda. Tombol “Tab” akan membawa Anda ke sel berikutnya di sebelah kanan.

  3. Menyisipkan Teks atau Angka
  4. Setelah Anda berada di dalam sel yang diinginkan, Anda bisa langsung mengetik teks atau angka yang ingin Anda masukkan ke dalam tabel. Tekan “Enter” untuk pindah ke sel di bawahnya.

  5. Cara Menyisipkan Gambar
  6. Jika Anda ingin menyisipkan gambar ke dalam tabel, pilih sel yang ingin Anda jadikan tempat gambar. Kemudian, buka tab “Insert” dan pilih opsi “Picture” untuk menyisipkan gambar dari komputer Anda.

Meletakkan Tabel di Tempat yang Diinginkan

Setelah selesai membuat tabel dan mengisinya dengan data, Anda bisa meletakkan tabel tersebut di tempat yang diinginkan di dalam dokumen. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pindah dengan Drag and Drop
  2. Untuk meletakkan tabel di tempat yang diinginkan, Anda bisa mengklik di pinggir tabel dan menariknya ke posisi yang diinginkan. Gunakan fitur “drag and drop” untuk memudahkan pengaturan tabel.

  3. Align Tabel
  4. Anda juga dapat mengatur posisi tabel dengan menggunakan fitur align di tab “Layout”. Anda bisa memilih untuk meletakkan tabel di tengah, di kanan, atau di kiri dokumen sesuai kebutuhan.

  5. Wrap Text
  6. Untuk mengatur teks di sekitar tabel, Anda bisa menggunakan fitur “Wrap Text” di tab “Layout”. Pilih opsi “In Line with Text” untuk menyisipkan tabel di tengah teks.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat tabel di Microsoft Word dengan mudah dan cepat. Manfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk membuat tabel yang rapi dan menarik. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button