Ini Dia Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD!

Mencari pekerjaan memang tidaklah mudah, terlebih di tengah persaingan yang semakin ketat saat ini. Salah satu langkah awal yang harus dilakukan untuk melamar pekerjaan adalah dengan membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Berikut adalah langkah-langkah dan tips untuk membuat surat lamaran kerja yang efektif.

1. Perhatikan Format Penulisan

Format penulisan surat lamaran kerja yang baik harus mengikuti standar formal dan berisi informasi yang jelas. Berikut adalah struktur dasar surat lamaran kerja:

Bagian Pembuka (Opening):

  1. Alamat Surat
  2. Alamat Perusahaan yang Dilamar
  3. Judul Surat Lamaran

Paragraf Pernyataan (Introduction):

  1. Penyebutan posisi pekerjaan yang dilamar
  2. Alasan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan/posisi tersebut

Paragraf Pengalaman Kerja (Body):

  1. Riwayat pendidikan
  2. Pengalaman kerja terkait
  3. Keterampilan dan keahlian yang relevan

Penutup (Closing):

  1. Penyataan kesediaan untuk diwawancara
  2. Ucapan terima kasih
  3. Nama lengkap dan tanda tangan

2. Tujuan Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja memiliki tujuan utama yaitu untuk menarik perhatian pihak perusahaan dan meyakinkan mereka tentang kemampuan dan kualifikasi Anda sebagai kandidat yang potensial. Untuk itu, pastikan isi surat lamaran Anda relevan dengan posisi yang dilamar dan menonjolkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki.

3. Perhatikan Bahasa yang Digunakan

Pastikan menggunakan bahasa yang formal, jelas, dan sopan dalam surat lamaran kerja Anda. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau kasual. Periksa kembali tata bahasa dan ejaan agar surat lamaran terlihat profesional.

4. Sorot Kualifikasi dan Pengalaman

Menyoroti kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar akan meningkatkan peluang Anda untuk dipanggil wawancara. Jelaskan dengan jelas mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut dan bagaimana pengalaman yang dimiliki dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan.

5. Personalisasi Surat Lamaran

Jangan lupa untuk personalisasi surat lamaran Anda sesuai dengan perusahaan yang Anda lamar. Lakukan riset tentang perusahaan tersebut dan tunjukkan bahwa Anda memahami visi dan misi perusahaan tersebut. Hal ini akan menunjukkan keseriusan dan komitmen Anda terhadap posisi yang dilamar.

6. Cermati Tata Letak dan Penyusunan

Tata letak surat lamaran kerja yang rapi dan terstruktur akan membantu memudahkan pembaca dalam menemukan informasi yang mereka cari. Pastikan penggunaan ruang yang baik, font yang mudah dibaca, dan penataan yang jelas dan teratur.

7. Periksa Kembali Sebelum Mengirimkan

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan untuk memeriksa kembali kesalahan tata bahasa, ejaan, dan informasi yang disampaikan dalam surat. Kesalahan kecil bisa menjadi hal yang fatal dan membuat kesan buruk pada pihak perusahaan.

Kesimpulan

Membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik memang memerlukan perencanaan dan perhatian yang matang. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang efektif dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button