Ini Dia Cara Membuat Spasi 1,5 Di Word dengan Mudah dan Cepat!

Microsoft Word merupakan salah satu program pengolah kata yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Banyak sekali fitur-fitur yang disediakan oleh Word untuk memudahkan penggunanya dalam menulis, mengedit, dan memformat dokumen. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah membuat spasi antar kalimat sebanyak 1,5 kali lipat. Pada artikel ini, akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara membuat spasi 1,5 di Word.

1. Mengganti Setelan Spasi Default

Jika Anda ingin membuat spasi 1,5 menjadi spasi default pada setiap dokumen yang Anda buat, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka program Microsoft Word.
  2. Pergi ke tab “Beranda”.
  3. Pilih “Spasi Baris” yang terletak di grup “Pemformatan Paragraf”.
  4. Pilih opsi “Atur Spasi Baris” pada bagian bawah menu dropdown.
  5. Pada jendela “Atur Spasi Baris”, pilih opsi “1,5” pada bagian “Atur Spasi Baris” dan klik “OK”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, spasi 1,5 akan menjadi spasi default pada setiap dokumen yang Anda buat di Word.

2. Mengatur Spasi 1,5 Secara Manual

Selain mengganti setelan spasi default, Anda juga dapat mengatur spasi 1,5 secara manual pada bagian tertentu dalam dokumen. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih teks yang ingin Anda beri spasi 1,5.
  2. Pergi ke tab “Beranda”.
  3. Pilih ikon kecil yang berada di sudut kanan bawah grup “Pemformatan Paragraf”.
  4. Pilih opsi “Atur Spasi Baris” pada menu dropdown.
  5. Pada jendela “Atur Spasi Baris”, pilih opsi “1,5” pada bagian “Atur Spasi Baris” dan klik “OK”.

Dengan langkah-langkah di atas, spasi 1,5 akan diterapkan pada teks yang Anda pilih.

3. Menggunakan Shortcut Keyboard

Untuk mempercepat proses pengaturan spasi 1,5, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard. Berikut adalah shortcut keyboard yang dapat Anda gunakan:

  1. Pilih teks yang ingin Anda beri spasi 1,5.
  2. Tekan tombol Ctrl + 2 untuk mengatur spasi 2,0 (double space).
  3. Apabila Anda ingin mengatur spasi 1,5, Anda dapat menekan tombol Ctrl + 5.

Dengan menggunakan shortcut keyboard, Anda dapat dengan mudah mengatur spasi 1,5 tanpa perlu menuju ke menu “Atur Spasi Baris”.

4. Mengetahui Penggunaan Spasi 1,5

Spasi 1,5 biasanya digunakan untuk dokumen-dokumen yang lebih formal, seperti paper akademik, tugas kuliah, laporan bisnis, dan lain sebagainya. Penggunaan spasi 1,5 dapat membuat teks lebih mudah dibaca dan memberikan ruang yang cukup bagi pembaca untuk memberikan komentar atau annotasi dalam dokumen.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan spasi 1,5 sebaiknya disesuaikan dengan aturan penulisan yang berlaku. Sebagai contoh, dalam penulisan jurnal ilmiah, biasanya menggunakan spasi tunggal. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mempertimbangkan aturan penulisan yang berlaku.

5. Kesimpulan

Dalam menggunakan Microsoft Word, pengaturan spasi 1,5 dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti mengganti setelan spasi default, mengatur spasi secara manual, atau menggunakan shortcut keyboard. Penggunaan spasi 1,5 biasanya diperlukan dalam dokumen-dokumen formal agar teks terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

Dengan mengetahui cara membuat spasi 1,5 di Word, Anda dapat meningkatkan kualitas dokumen yang Anda buat serta memberikan kesan yang lebih profesional. Selalu ingat untuk memperhatikan aturan penulisan yang berlaku agar dokumen yang Anda buat tetap sesuai standar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam penggunaan Microsoft Word.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button