Ini Dia! Cara Membuat SKTM yang Mudah dan Cepat Untuk Anda

Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) merupakan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan bantuan sosial atau mendapatkan subsidi tertentu dari pemerintah. SKTM biasanya diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu secara finansial untuk memenuhi kebutuhan pokok. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat SKTM:

1. Mengumpulkan Persyaratan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan persyaratan yang diperlukan untuk pembuatan SKTM. Beberapa persyaratan umum yang biasanya diminta antara lain:

  • Fotokopi KTP: Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon.
  • Surat Pernyataan Tidak Mampu: Surat pernyataan yang menyatakan bahwa pemohon tidak mampu secara finansial.
  • Surat Keterangan Usaha (jika ada): Surat keterangan usaha jika pemohon memiliki usaha sendiri.

2. Mengisi Formulir Permohonan SKTM

Setelah persyaratan terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir permohonan SKTM. Formulir tersebut biasanya dapat diunduh dari website resmi pemerintah atau dapat langsung diambil di kantor pelayanan sosial setempat. Pastikan mengisi formulir dengan lengkap dan jelas.

3. Membuat Surat Permohonan

Selain mengisi formulir, pemohon juga perlu membuat surat permohonan yang berisikan alasan mengapa membutuhkan SKTM. Surat permohonan ini bisa ditulis secara bebas namun tetap harus jelas dan sopan.

4. Melengkapi Dokumen

Setelah formulir dan surat permohonan selesai diisi, lengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung lain yang diminta oleh pihak yang berwenang, seperti:

  • Surat Keterangan Domisili: Surat keterangan tempat tinggal yang dikeluarkan oleh kelurahan atau kecamatan.
  • Surat Keterangan Kelahiran: Surat keterangan yang menunjukkan data kelahiran pemohon.
  • Surat Keterangan Nikah (jika sudah berkeluarga): Surat keterangan nikah bagi pemohon yang sudah berkeluarga.

5. Mengajukan Permohonan

Setelah semua persyaratan terpenuhi, ajukan permohonan SKTM ke kantor pelayanan sosial setempat. Pastikan membawa semua dokumen dan formulir yang sudah disiapkan untuk diverifikasi oleh pihak yang berwenang.

6. Menunggu Proses Verifikasi

Setelah mengajukan permohonan, Anda perlu menunggu proses verifikasi dari pihak yang berwenang. Proses ini biasanya memerlukan waktu tertentu tergantung dari kebijakan masing-masing daerah.

7. Pengambilan SKTM

Jika permohonan Anda disetujui, Anda dapat mengambil SKTM yang sudah jadi di kantor pelayanan sosial. SKTM biasanya berlaku untuk jangka waktu tertentu dan perlu diperpanjang jika masih diperlukan setelah masa berlaku habis.

Demikianlah cara membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dapat Anda lakukan. Pastikan selalu memenuhi persyaratan yang diminta dan melakukan proses dengan benar untuk memperoleh SKTM yang sah dan dapat digunakan untuk keperluan yang diinginkan.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button