Ini Dia Cara Membuat Makalah yang Benar dan Mudah Dipahami!

Pengertian Makalah

Makalah merupakan suatu karya tulis yang berisi pandangan atau hasil penelitian mengenai suatu hal tertentu. Makalah biasanya ditulis dalam bentuk tertulis dan memiliki struktur yang terorganisir dengan baik. Makalah dapat dibuat untuk memenuhi tugas sekolah, kuliah, atau pun dalam lingkungan kerja.

Langkah-Langkah Membuat Makalah

1. Memilih Topik

Langkah pertama dalam membuat makalah adalah memilih topik yang akan dibahas. Pilihlah topik yang menarik dan relevan dengan bidang studi Anda. Pastikan topik yang dipilih memiliki cukup literatur dan informasi yang dapat digunakan sebagai referensi.

2. Membuat Outline

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah membuat outline atau kerangka pembahasan. Tentukan bab, subbab, dan poin-poin penting yang akan dibahas dalam makalah. Outline ini akan membantu memudahkan Anda dalam menulis makalah secara terstruktur.

3. Mencari Referensi

Sebelum mulai menulis, pastikan untuk mencari referensi yang berkaitan dengan topik yang akan dibahas. Gunakan sumber-sumber terpercaya seperti jurnal ilmiah, buku, atau artikel dari website yang terkemuka. Pastikan untuk mencatat setiap sumber referensi yang digunakan untuk menghindari plagiarisme.

4. Menulis Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian awal dari makalah yang berisi latar belakang, tujuan, dan ruang lingkup pembahasan. Pada bagian ini, Anda juga perlu menuliskan rumusan masalah yang akan dijawab melalui makalah Anda.

5. Menulis Isi Makalah

Selanjutnya, Anda dapat mulai menulis bagian isi makalah sesuai dengan outline yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan untuk menyusunnya secara logis dan koheren sesuai dengan bab dan subbab yang telah ditentukan. Gunakan paragraf yang jelas dan terstruktur untuk memudahkan pembaca memahami isi makalah.

6. Menulis Kesimpulan

Kesimpulan merupakan bagian akhir dari makalah yang berisi rangkuman dari seluruh isi makalah. Pada bagian ini, Anda perlu menyimpulkan temuan atau hasil penelitian yang telah Anda bahas sebelumnya. Jangan lupa untuk menyebutkan saran atau rekomendasi yang dapat diberikan sebagai penutup.

Penyusunan Makalah yang Baik

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Baku

Dalam menulis makalah, pastikan penggunaan bahasa yang jelas, baku, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan bahasa informal atau kata-kata yang ambigu yang dapat menimbulkan kesalahpahaman.

2. Cantumkan Referensi Secara Lengkap

Setiap informasi atau data yang Anda kutip dari sumber lain perlu dicantumkan dalam daftar referensi. Pastikan untuk mencantumkan referensi secara lengkap sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku.

3. Perhatikan Struktur dan Format Penulisan

Pastikan makalah Anda memiliki struktur yang terorganisir dengan baik, mulai dari pendahuluan, isi, hingga kesimpulan. Perhatikan juga format penulisan seperti penggunaan font, spasi, dan ukuran huruf sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Periksa Kesalahan Gramatika dan Penulisan

Sebelum menyerahkan makalah, pastikan untuk memeriksa kesalahan gramatika, ejaan, dan tata bahasa. Anda juga dapat meminta bantuan orang lain untuk melakukan proofreading guna memastikan makalah Anda bebas dari kesalahan.

Contoh Makalah

Untuk memperjelas cara membuat makalah, berikut ini adalah contoh makalah singkat mengenai “Dampak Perubahan Iklim Terhadap Lingkungan Hidup”:

Pendahuluan

Perubahan iklim merupakan sebuah fenomena global yang menjadi perhatian utama dalam beberapa dekade terakhir. Perubahan iklim telah memberikan dampak yang signifikan terhadap lingkungan hidup, termasuk terjadinya polusi udara, banjir, dan kerusakan ekosistem.

Isi Makalah

Perubahan iklim disebabkan oleh aktivitas manusia seperti deforestasi, emisi gas rumah kaca, dan penggunaan bahan bakar fosil. Dampak dari perubahan iklim ini antara lain terjadi peningkatan suhu global, naiknya permukaan air laut, dan terjadinya cuaca ekstrem seperti badai dan kekeringan.

Kesimpulan

Dalam rangka mengatasi dampak perubahan iklim, diperlukan upaya bersama dari seluruh masyarakat dunia. Langkah-langkah konkret seperti pengurangan emisi gas rumah kaca, peningkatan penggunaan energi terbarukan, dan perlindungan hutan dapat dilakukan untuk menjaga keberlangsungan lingkungan hidup.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memperhatikan tips penyusunan makalah yang baik, Anda dapat membuat makalah yang informatif dan berkualitas. Pastikan untuk selalu memperhatikan etika penulisan dan mencantumkan sumber referensi secara lengkap untuk menghindari plagiarisme. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat makalah dengan baik dan benar. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button