Ini Dia Cara Masuk Bios Lenovo yang Super Mudah! Jangan Sampai Ketinggalan!

BIOS atau Basic Input/Output System adalah sebuah program firmware yang bertanggung jawab untuk mengatur perangkat keras pada komputer. Bagi pengguna komputer Lenovo, ada beberapa cara untuk masuk ke BIOS. Di artikel ini, kita akan membahas cara masuk BIOS Lenovo dengan mudah.

1. Menggunakan Tombol F1 atau F2 saat Komputer Booting

Salah satu cara termudah untuk masuk ke BIOS pada laptop atau PC Lenovo adalah dengan menggunakan tombol F1 atau F2 saat komputer booting. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan komputer Lenovo Anda atau restart jika sudah menyala.
  2. Saat layar boot muncul, tekan tombol F1 atau F2 secara berulang-ulang hingga masuk ke BIOS.
  3. Anda akan dibawa ke menu BIOS Lenovo untuk melakukan pengaturan yang diperlukan.

Dengan menggunakan tombol F1 atau F2 saat booting, Anda dapat dengan mudah masuk ke BIOS Lenovo tanpa perlu menggunakan kombinasi tombol lainnya.

2. Menggunakan Tombol Novo Button

Sebagian laptop Lenovo dilengkapi dengan tombol Novo yang dapat memudahkan akses ke BIOS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Matikan komputer Lenovo Anda.
  2. Cari tombol Novo pada laptop, biasanya terletak di samping atau belakang laptop.
  3. Tekan tombol Novo dan tahan selama beberapa detik.
  4. Pilih opsi BIOS Setup atau Enter BIOS pada layar yang muncul.

Dengan menggunakan tombol Novo, Anda dapat dengan cepat masuk ke BIOS tanpa perlu menekan tombol F1 atau F2 saat booting.

3. Melalui Pengaturan Windows

Selain menggunakan tombol saat booting, Anda juga dapat masuk ke BIOS melalui pengaturan Windows. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Menu Mulai di Windows.
  2. Pilih opsi Settings atau Pengaturan.
  3. Pilih Update & Security.
  4. Pilih opsi Recovery.
  5. Dibawah Advanced startup, klik Restart now.
  6. Pilih Troubleshoot, lalu Advanced Options, dan klik UEFI Firmware Settings.
  7. Klik Restart untuk masuk ke BIOS.

Dengan menggunakan pengaturan Windows, Anda dapat dengan mudah masuk ke BIOS Lenovo tanpa harus repot-repot restart komputer atau menekan tombol khusus.

4. Melalui Perintah CMD

Untuk pengguna yang lebih ahli, Anda juga dapat masuk ke BIOS Lenovo melalui Command Prompt (CMD). Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt sebagai Administrator.
  2. Ketik perintah shutdown /r /fw dan tekan Enter.
  3. Komputer akan restart dan masuk ke BIOS.

Dengan menggunakan perintah CMD, Anda dapat dengan cepat masuk ke BIOS Lenovo tanpa harus mencari tombol khusus atau menggunakan pengaturan Windows.

5. Menggunakan Lenovo Vantage

Bagi pengguna laptop Lenovo yang dilengkapi dengan aplikasi Lenovo Vantage, Anda juga dapat masuk ke BIOS melalui aplikasi tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Lenovo Vantage.
  2. Pilih menu Hardware Settings.
  3. Pilih opsi BIOS/UEFI.
  4. Klik Restart to enter BIOS.

Dengan menggunakan Lenovo Vantage, Anda dapat dengan mudah masuk ke BIOS Lenovo tanpa perlu repot-repot mencari tombol atau menggunakan pengaturan Windows.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara masuk ke BIOS Lenovo yang dapat Anda coba. Memahami cara masuk ke BIOS penting untuk melakukan pengaturan yang diperlukan pada komputer Anda. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan preferensi dan tingkat kenyamanan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button