Ini Dia Cara Mandi Junub Pria yang Harus Kamu Ketahui! Simak Tipsnya Sekarang!

Sebagai umat Muslim, mandi junub merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan setelah melakukan hubungan suami istri atau mimpi basah. Mandi junub dilakukan untuk membersihkan diri dari najis besar agar bisa kembali melakukan ibadah dengan suci. Berikut adalah panduan lengkap cara mandi junub bagi pria:

1. Niat Mandi Junub

Sebelum memulai mandi junub, hendaklah meniatkan dalam hati untuk membersihkan diri dari najis besar. Niat mandi junub ini sangat penting agar mandi yang dilakukan menjadi ibadah yang sah menurut syariat Islam.

2. Membaca Basmalah

Sesuai dengan ajaran Islam, sebaiknya sebelum memulai mandi junub, bacalah basmalah untuk memulai segala sesuatu dengan nama Allah. Hal ini akan memberikan keberkahan dan kesucian pada mandi yang dilakukan.

3. Mengucapkan Astaghfirullah

Sebelum memulai mandi junub, disarankan untuk mengucapkan astaghfirullah sebagai bentuk tobat kepada Allah atas segala dosa yang telah dilakukan. Dengan mengucapkan astaghfirullah, mandi junub akan menjadi lebih suci dan diampuni oleh Allah SWT.

4. Bersuci dari Najis

Sebelum memulai mandi junub, pastikan untuk membersihkan diri dari najis agar mandi yang dilakukan menjadi sah menurut syariat Islam. Periksa seluruh bagian tubuh untuk memastikan tidak ada najis yang menempel.

5. Ablusi

Sebelum memasuki tahap mandi junub, lakukan ablusi terlebih dahulu untuk membersihkan diri dari hadas kecil. Ablusi atau wudhu dilakukan sesuai dengan tata cara yang telah diajarkan dalam ajaran Islam.

6. Mandi dengan Air yang Mengalir

Saat melakukan mandi junub, pastikan menggunakan air yang mengalir untuk membersihkan seluruh bagian tubuh secara menyeluruh. Air yang mengalir digunakan agar kotoran dan najis dapat terbuang dengan sempurna.

7. Membasahi Seluruh Tubuh

Saat mandi junub, pastikan untuk membasahi seluruh tubuh, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Pastikan tidak ada bagian tubuh yang luput dari air, sehingga mandi junub dapat menjadi lebih sempurna.

8. Menggosok dan Membasahi Bagian Tubuh Secara Lebih Dalam

Untuk memastikan tubuh benar-benar bersih dari najis, gosok dan basahi bagian tubuh secara lebih dalam. Fokuskan pada bagian-bagian yang rentan terkena najis seperti ketiak, lipatan kulit, dan daerah genital.

9. Mencuci Bagian-Bagian yang Wajib Dibasuh

Ada beberapa bagian tubuh yang wajib dibasuh saat mandi junub, antara lain: wajah, tangan hingga siku, kedua kaki hingga mata kaki, dan seluruh kepala. Pastikan untuk membasuh bagian-bagian tersebut dengan baik dan benar.

10. Menyempurnakan Mandi Junub

Setelah membersihkan seluruh tubuh dari najis, pastikan untuk menyempurnakan mandi junub dengan membaca doa-doa yang sesuai. Doa setelah mandi junub merupakan langkah terakhir untuk menyucikan diri sebelum beribadah.

Demikianlah panduan lengkap cara mandi junub bagi pria. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan mandi junub yang dilakukan dapat menjadi lebih sempurna dan sesuai dengan ajaran Islam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua umat Muslim yang ingin menjalankan ibadah dengan sebaik mungkin. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button