Ini Dia Cara Log Out Akun Google yang Harus Kamu Ketahui!

Akun Google adalah akun yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan dari Google, seperti Gmail, Google Drive, YouTube, dan lain sebagainya. Ketika Anda sudah selesai menggunakan akun Google, sangat penting untuk melakukan log out atau keluar dari akun tersebut agar tidak ada orang lain yang mengakses data pribadi Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah lengkap untuk log out akun Google:

Cara Log Out Akun Google di Komputer

  1. Buka browser dan kunjungi situs Google
  2. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka browser di komputer Anda dan kunjungi situs Google di alamat www.google.com.

  3. Klik ikon profil
  4. Pada pojok kanan atas halaman Google, Anda akan melihat ikon profil berupa gambar akun atau huruf inisial akun Anda. Klik ikon tersebut untuk membuka menu opsi akun.

  5. Pilih opsi “Keluar” atau “Log Out”
  6. Setelah muncul menu opsi akun, pilih opsi “Keluar” atau “Log Out” untuk keluar dari akun Google yang sedang digunakan.

  7. Selesai
  8. Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil log out dari akun Google di komputer. Pastikan untuk tidak menyimpan informasi login di browser untuk keamanan akun Anda.

Cara Log Out Akun Google di Smartphone

  1. Buka aplikasi Google
  2. Buka aplikasi Google di smartphone Anda. Biasanya aplikasi Google sudah terpasang secara default pada smartphone Android.

  3. Tekan ikon profil
  4. Di pojok kanan atas aplikasi Google, Anda akan menemukan ikon profil. Ketuk ikon tersebut untuk membuka menu akun.

  5. Pilih opsi “Keluar” atau “Log Out”
  6. Pilih opsi “Keluar” atau “Log Out” dari menu akun yang muncul. Konfirmasi tindakan log out tersebut dengan menekan tombol “Keluar” atau “Log Out”.

  7. Selesai
  8. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda berhasil log out dari akun Google di smartphone. Pastikan juga untuk mengatur pengaturan keamanan pada smartphone Anda agar tidak ada orang lain yang dapat mengakses akun Google Anda secara tidak sah.

Tips Keamanan untuk Log Out Akun Google

Untuk menjaga keamanan akun Google Anda, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan setelah log out:

  1. Hapus riwayat login
  2. Setelah log out, pastikan untuk menghapus riwayat login atau history login pada browser atau aplikasi Google yang Anda gunakan.

  3. Aktifkan verifikasi dua langkah
  4. Untuk perlindungan tambahan, aktifkan fitur verifikasi dua langkah pada akun Google Anda. Fitur ini akan meminta kode atau pemberitahuan tambahan saat login dari perangkat baru.

  5. Gunakan password yang kuat
  6. Selalu gunakan password yang kuat dan unik untuk akun Google Anda. Hindari penggunaan password yang mudah ditebak atau umum.

  7. Periksa aktivitas akun secara berkala
  8. Periksa aktivitas login akun Google Anda secara berkala untuk memastikan tidak ada aktivitas mencurigakan yang terjadi pada akun Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menerapkan tips keamanan, Anda dapat log out dari akun Google dengan aman dan menjaga keamanan privasi data pribadi Anda. Penting untuk selalu berhati-hati dan waspada saat menggunakan akun Google agar terhindar dari risiko keamanan.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button