Ini Dia Cara Gabung PDF Tanpa Ribet, Bikin Kerjaan Jadi Lebih Mudah!

Terkadang, kita perlu menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file untuk kemudahan dalam menyimpan, mengirim, atau mencetak dokumen tersebut. Menggabungkan file PDF dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan berbagai aplikasi dan layanan online yang tersedia. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap dan informatif mengenai cara gabung PDF.

1. Menggunakan Adobe Acrobat

Adobe Acrobat adalah salah satu aplikasi yang paling populer digunakan untuk mengedit dan mengolah file PDF. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggabungkan file PDF menggunakan Adobe Acrobat:

  1. Buka Adobe Acrobat di komputer atau laptop.
  2. Pilih menu “File” dan kemudian pilih “Create” > “Combine Files into a Single PDF”.
  3. Pilih file PDF yang ingin Anda gabungkan dengan menekan tombol “Add Files” atau Anda juga dapat melakukan drag and drop file ke dalam jendela Adobe Acrobat.
  4. Setelah semua file terpilih, atur urutan file dengan mengklik dan menarik file ke posisi yang diinginkan.
  5. Klik “Combine” untuk menggabungkan file PDF tersebut.
  6. Terakhir, simpan file PDF yang sudah digabungkan dengan menekan tombol “File” > “Save As”.

2. Menggunakan Smallpdf

Smallpdf adalah salah satu layanan online yang dapat membantu Anda menggabungkan file PDF tanpa perlu mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggabungkan file PDF menggunakan Smallpdf:

  1. Buka browser dan kunjungi situs web Smallpdf.
  2. Pilih opsi “Merge PDF” di halaman utama Smallpdf.
  3. Drag and drop file PDF yang ingin Anda gabungkan ke dalam jendela Smallpdf, atau pilih file dari komputer atau Dropbox/Google Drive.
  4. Setelah file terunggah, atur urutan file dengan cara mengklik dan menarik file ke posisi yang diinginkan.
  5. Klik tombol “Merge PDF” untuk menggabungkan file tersebut.
  6. Setelah selesai, Anda dapat mengunduh file PDF yang sudah digabungkan atau menyimpannya langsung ke Dropbox/Google Drive.

3. Menggunakan PDF Merge

PDF Merge adalah aplikasi online gratis yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan file PDF dengan cepat dan mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan PDF Merge:

  1. Buka browser dan kunjungi situs web PDF Merge.
  2. Pilih file PDF yang ingin Anda gabungkan dengan menekan tombol “Choose File” atau seret file ke dalam jendela PDF Merge.
  3. Atur urutan file dengan mengklik dan menarik file ke posisi yang diinginkan.
  4. Klik tombol “Merge” untuk menggabungkan file PDF tersebut.
  5. Unduh file PDF yang sudah digabungkan atau simpan langsung ke Google Drive/Dropbox dengan menekan tombol “Download” atau “Save to”.

4. Menggunakan PDFsam

PDFsam (PDF Split and Merge) merupakan aplikasi open-source yang dapat membantu Anda dalam mengelola file PDF, termasuk menggabungkan file PDF. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan PDFsam:

  1. Unduh dan instal aplikasi PDFsam di komputer atau laptop.
  2. Buka PDFsam, pilih opsi “Merge” di menu utama.
  3. Pilih file PDF yang akan digabungkan dengan menekan tombol “Add” atau seret file ke dalam daftar file.
  4. Atur urutan file dengan mengklik dan menarik file ke posisi yang diinginkan.
  5. Klik tombol “Run” untuk memulai proses penggabungan file PDF.
  6. Simpan file PDF yang telah digabungkan ke lokasi yang Anda inginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menggabungkan file PDF tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda agar proses penggabungan file PDF berjalan lancar.

Sekian informasi mengenai cara gabung PDF yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengelola file PDF dengan lebih efisien. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button