Blog

Ini Dia Cara Cek Aplikasi Paling Boros Baterai di Smartphone Anda!

Smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, namun seringkali pengguna mengalami masalah baterai cepat habis. Salah satu penyebab utama adalah aplikasi yang boros baterai. Bagaimana cara mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan baterai cepat habis? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

1. Menyusun Daftar Aplikasi

Langkah pertama adalah dengan menyusun daftar aplikasi yang terpasang di smartphone Anda. Periksa aplikasi apa saja yang sering Anda gunakan sehari-hari dan catat aplikasi apa saja yang membutuhkan akses internet atau GPS secara terus-menerus. Aplikasi yang terus-menerus mengakses jaringan internet atau GPS cenderung boros baterai.

2. Menggunakan Fitur Bawaan Smartphone

Sebagian besar smartphone modern memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk melihat konsumsi baterai tiap aplikasi. Masuklah ke pengaturan smartphone Anda dan buka menu penggunaan baterai. Di sana, Anda bisa melihat daftar aplikasi beserta persentase konsumsi baterainya. Perhatikan aplikasi mana yang memiliki konsumsi baterai yang tinggi.

3. Mengaktifkan Mode Hemat Baterai

Beberapa smartphone memiliki fitur mode hemat baterai yang dapat membantu Anda mengidentifikasi aplikasi yang boros baterai. Aktifkan mode hemat baterai dan perhatikan aplikasi mana yang masih berjalan. Aplikasi yang terus berjalan meskipun dalam mode hemat baterai mungkin merupakan penyebab baterai cepat habis.

4. Memantau Penggunaan RAM

Aplikasi yang menggunakan terlalu banyak RAM cenderung juga boros baterai. Buka menu pengaturan smartphone Anda dan periksa penggunaan RAM tiap aplikasi. Biasanya aplikasi dengan penggunaan RAM yang tinggi juga memiliki konsumsi baterai yang tinggi.

5. Memperbarui Aplikasi

Perbarui aplikasi secara berkala untuk memastikan Anda menggunakan versi terbaru yang lebih efisien dalam konsumsi baterai. Aplikasi yang sudah usang seringkali cenderung boros baterai. Dengan memperbarui aplikasi, Anda dapat mengurangi konsumsi baterai yang tidak perlu.

6. Mengatur Pengaturan Aplikasi

Beberapa aplikasi memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda untuk mengatur konsumsi baterai. Buka menu pengaturan tiap aplikasi dan perhatikan opsi pengaturan yang tersedia. Matikan fitur yang tidak diperlukan atau atur agar aplikasi tidak terus-menerus mengakses GPS atau jaringan internet.

7. Menggunakan Aplikasi Manajemen Baterai

Jika Anda kesulitan untuk mengidentifikasi aplikasi yang boros baterai, Anda dapat menggunakan aplikasi manajemen baterai. Unduh aplikasi manajemen baterai terpercaya dari Play Store dan ikuti petunjuknya untuk mengidentifikasi serta mengurangi konsumsi baterai yang tidak perlu.

8. Mematikan Aplikasi Ketika Tidak Digunakan

Seringkali pengguna lupa untuk menutup aplikasi setelah menggunakannya, padahal aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang dapat mempengaruhi konsumsi baterai. Pastikan untuk menutup aplikasi setelah selesai menggunakannya agar tidak membebani kinerja baterai.

9. Menggunakan Aplikasi Lite

Jika Anda sering merasa baterai cepat habis karena aplikasi yang berat, pertimbangkan untuk menggunakan versi lite dari aplikasi tersebut. Aplikasi lite dirancang untuk mengurangi konsumsi baterai dan data, sehingga dapat membantu menghemat baterai smartphone Anda.

10. Melakukan Reset Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas tidak memberikan hasil yang diinginkan, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan reset pengaturan pabrik. Reset pengaturan pabrik dapat membantu membersihkan file-file sementara yang menyebabkan baterai cepat habis dan membuat smartphone Anda kembali segar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengetahui aplikasi mana yang boros baterai dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button