Ini Dia! Cara Bikin KK Secara Online Tanpa Ribet, Simak Yuk!

1. Persiapan Sebelum Membuat Kartu Keluarga Online

Sebelum memulai proses pembuatan Kartu Keluarga (KK) secara online, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah persiapan yang harus dipersiapkan:

1.1 Memiliki KTP dan KK Lama
Pastikan Anda memiliki KTP dan KK lama sebagai dokumen penting yang diperlukan dalam proses pembuatan Kartu Keluarga baru. Kedua dokumen ini akan digunakan sebagai referensi data identitas diri dan data keluarga.

1.2 Akses Internet dan Perangkat Komputer
Pastikan Anda memiliki akses internet yang stabil dan perangkat komputer atau laptop yang dapat digunakan untuk mengakses layanan pencetakan KK online.

2. Langkah-langkah Membuat Kartu Keluarga (KK) Lewat Online

2.1 Mengakses Layanan Dinas Kependudukan Online
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses layanan Dinas Kependudukan online yang menyediakan layanan pembuatan KK secara online. Pastikan situs web yang dikunjungi resmi dan terpercaya.

2.2 Isi Formulir Pendaftaran
Setelah mengakses layanan online, langkah berikutnya adalah mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan data diri dan data keluarga yang diminta. Pastikan informasi yang diisikan benar dan akurat.

2.3 Unggah Dokumen Pendukung
Setelah mengisi formulir pendaftaran, langkah selanjutnya adalah mengunggah dokumen pendukung seperti KTP dan KK lama. Pastikan dokumen yang diunggah dalam format yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2.4 Verifikasi Data
Setelah mengunggah dokumen pendukung, selanjutnya verifikasikan data yang telah diisi. Pastikan semua informasi yang tercantum sudah benar dan sesuai sebelum melanjutkan proses pembuatan KK.

2.5 Pembayaran Biaya Administrasi
Setelah data diverifikasi, langkah selanjutnya adalah pembayaran biaya administrasi. Beberapa layanan online menyediakan sistem pembayaran online yang dapat memudahkan proses pembayaran.

3. Proses Verifikasi dan Validasi Data

Setelah menyelesaikan proses pembuatan Kartu Keluarga (KK) secara online, selanjutnya adalah proses verifikasi dan validasi data yang telah diinput. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa data yang diinput benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3.1 Verifikasi Data
Proses verifikasi data dilakukan oleh petugas Dinas Kependudukan yang bertugas untuk memeriksa kelengkapan dan kebenaran data yang telah diinput. Pastikan data yang diinput benar dan sesuai dengan dokumen yang diunggah.

3.2 Validasi Data
Setelah melalui proses verifikasi, selanjutnya adalah proses validasi data. Proses validasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa data yang diinput sudah benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Pengambilan Kartu Keluarga (KK) Hasil Online

Setelah proses verifikasi dan validasi data selesai, langkah terakhir adalah proses pengambilan Kartu Keluarga (KK) hasil online. Berikut adalah langkah-langkah untuk pengambilan KK hasil online:

4.1 Konfirmasi Pengambilan
Setelah data diverifikasi dan divalidasi, konfirmasikan jadwal pengambilan Kartu Keluarga (KK) hasil online. Pastikan membawa dokumen pendukung seperti KTP dan KK lama saat pengambilan.

4.2 Pengambilan KK
Pada hari yang telah ditentukan, datanglah ke kantor Dinas Kependudukan setempat untuk mengambil Kartu Keluarga (KK) hasil online. Pastikan membawa dokumen pendukung yang diperlukan.

4.3 Verifikasi Data
Saat pengambilan KK, pastikan data yang tercantum pada Kartu Keluarga sudah benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika terdapat kesalahan atau ketidakcocokan data, segera laporkan ke petugas yang bersangkutan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat Kartu Keluarga (KK) secara online dengan mudah dan praktis. Pastikan selalu memperhatikan ketentuan dan prosedur yang berlaku agar proses pembuatan KK berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat KK secara online. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button