Ini Dia Cara Ampuh Mengatasi WC Jongkok Tersumbat, Praktis dan Efektif!

WC jongkok adalah salah satu jenis toilet yang sering digunakan di beberapa tempat umum maupun rumah tangga di Indonesia. Namun, seringkali WC jongkok mengalami masalah tersumbat yang membuat pengguna merasa tidak nyaman. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara mengatasi WC jongkok yang tersumbat:

1. Menggunakan Plunger

Plunger adalah alat yang biasa digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan yang tersumbat. Untuk menggunakan plunger, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Isi wadah toilet dengan air panas sebelum menggunakan plunger.
  2. Lapisi lubang saluran berikut ujung plunger dengan kain basah.
  3. Tutupi lubang saluran dengan plunger dan tekan perlahan-lahan.
  4. Ulangi langkah tersebut hingga air mulai mengalir dengan lancar.

2. Menggunakan Cairan Pembersih WC

Selain plunger, Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih khusus WC untuk mengatasi WC jongkok yang tersumbat. Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya:

  1. Tuangkan cairan pembersih ke dalam saluran WC dan biarkan selama beberapa jam.
  2. Setelah itu, siram WC dengan air panas untuk membilasnya.
  3. Ulangi langkah tersebut jika perlu.

3. Menggunakan Snake Drain

Snake drain adalah alat lentur yang dapat digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan yang tersumbat. Berikut adalah cara penggunaannya:

  1. Masukkan ujung snake drain ke dalam saluran pembuangan.
  2. Kemudian, putar snake drain perlahan-lahan sambil mendorongnya ke dalam saluran.
  3. Keluarkan snake drain setelah Anda merasa tidak ada lagi sumbatan.

4. Memanggil Tukang Ledeng

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat memanggil tukang ledeng untuk membersihkan saluran WC yang tersumbat. Tukang ledeng memiliki peralatan dan pengalaman yang lebih dalam dalam menangani sumbatan saluran air. Namun, pastikan untuk selalu memilih tukang ledeng yang terpercaya dan berpengalaman.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, diharapkan Anda dapat mengatasi WC jongkok yang tersumbat dengan mudah. Penting untuk menjaga kebersihan WC secara berkala agar mengurangi risiko tersumbatnya saluran pembuangan. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button