Ini Dia Cara Ampuh Mengatasi Setrika Lengket Agar Kembali Seperti Baru!

Mungkin Anda pernah mengalami masalah ketika menggunakan setrika yang lengket pada saat menyetrika pakaian. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti sisa detergen yang menempel pada permukaan setrika atau kotoran yang menempel akibat tumpahan air saat menyetrika. Mengatasi setrika yang lengket memerlukan perawatan khusus agar bisa kembali berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa cara membersihkan setrika yang lengket:

1. Menggunakan Larutan Cuka dan Air

Larutan cuka dan air adalah salah satu cara efektif untuk membersihkan setrika yang lengket. Campurkan cuka dengan air dalam wadah dan gunakan kain bersih untuk menggosokkan larutan tersebut pada permukaan setrika yang lengket. Kemudian, panaskan setrika dalam posisi rendah agar kotoran atau sisa detergen dapat larut dengan mudah. Setelah itu, keringkan permukaan setrika dengan kain bersih.

2. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki kandungan abrasi yang dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel pada setrika. Oleskan pasta gigi pada permukaan setrika yang lengket dan gosok perlahan dengan kain bersih. Setelah itu, bilas permukaan setrika dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih.

3. Menggunakan Lembaran Aluminium

Lembaran aluminium juga dapat digunakan untuk membersihkan setrika yang lengket. Panaskan setrika dalam posisi sedang hingga panas, lalu gosokkan lembaran aluminium pada permukaan setrika yang lengket. Aluminium akan membantu mengangkat kotoran dan sisa detergen dengan cepat. Setelah itu, keringkan permukaan setrika menggunakan kain bersih.

4. Menggunakan Spons Basah

Spons basah adalah cara sederhana namun efektif untuk membersihkan setrika yang lengket. Basahi spons dengan sedikit air dan gosokkan pada permukaan setrika yang lengket. Gosok perlahan agar kotoran atau sisa detergen dapat terangkat dengan baik. Setelah itu, keringkan permukaan setrika dengan kain bersih.

5. Menggunakan Deterjen Cair

Deterjen cair juga bisa digunakan untuk membersihkan setrika yang lengket. Larutkan deterjen cair dengan sedikit air dan gunakan kain bersih untuk menggosokkan larutan deterjen tersebut pada permukaan setrika yang lengket. Gosok perlahan agar kotoran atau sisa detergen dapat terangkat dengan baik. Setelah itu, bilas permukaan setrika dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih.

6. Mencegah Setrika Menjadi Lengket

Selain membersihkan setrika yang lengket, Anda juga perlu mencegah agar setrika tidak menjadi lengket di masa depan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mencegah setrika menjadi lengket:

  • Selalu gunakan air bersih: Pastikan air yang digunakan untuk menyetrika adalah air bersih dan tidak mengandung kotoran yang dapat menyebabkan setrika menjadi lengket.
  • Bersihkan setrika secara rutin: Setelah selesai menyetrika, pastikan untuk membersihkan permukaan setrika dengan kain bersih agar kotoran atau sisa detergen tidak menumpuk dan menyebabkan setrika menjadi lengket.
  • Hindari tumpahan detergen atau parfum: Jika tumpahan detergen atau parfum terjadi saat menyetrika, segera bersihkan dengan kain bersih agar tidak menyebabkan setrika menjadi lengket.
  • Simpan setrika dengan baik: Pastikan setrika disimpan di tempat yang kering dan terlindungi agar tidak terkena debu atau kotoran yang dapat menyebabkan setrika menjadi lengket.

Dengan menjaga kebersihan dan merawat setrika dengan baik, Anda dapat mencegah agar setrika tidak menjadi lengket dan tetap berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, membersihkan setrika yang lengket secara teratur juga dapat meningkatkan kinerja setrika dan menghindari kerusakan yang dapat terjadi akibat tumpukan kotoran. Dengan menggunakan cara membersihkan setrika yang lengket yang tepat, Anda dapat menikmati proses menyetrika pakaian dengan hasil yang maksimal.

Demikianlah informasi mengenai cara membersihkan setrika yang lengket. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam merawat setrika dengan baik. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button