Blog

Ini Dia Cara Ampuh Mengatasi Keyboard Laptop yang ‘Bergerak Sendiri’!

Terkadang, pengguna laptop dapat mengalami masalah di mana keyboard laptop tiba-tiba mengetik sendiri tanpa adanya input dari pengguna. Hal ini dapat sangat mengganggu dan menghambat produktivitas saat menggunakan laptop. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah keyboard laptop yang mengetik sendiri:

1. Periksa Kondisi Fisik Keyboard

Periksa apakah ada kotoran atau debu yang masuk ke dalam keyboard laptop, yang dapat menyebabkan keyboard laptop jadi tidak responsif. Membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan kuas kecil atau kain lembut dapat membantu mengatasi masalah ini.

2. Nonaktifkan Fitur Filter Keys

Filter Keys adalah fitur bawaan Windows yang dapat membuat keyboard menjadi lambat dalam merespons input. Jika Filter Keys diaktifkan tanpa disadari, hal ini dapat membuat keyboard laptop mengetik sendiri. Untuk menonaktifkan fitur Filter Keys, ikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan Windows
  2. Pilih “Kemudahan Akses”
  3. Pilih “Keyboard”
  4. Nonaktifkan opsi “Gunakan Filter Keys”

3. Periksa Driver Keyboard

Kesalahan pada driver keyboard juga dapat menyebabkan keyboard laptop mengetik sendiri. Pastikan driver keyboard laptop telah terinstal dengan benar dan dalam kondisi yang baik. Untuk memeriksa dan memperbarui driver keyboard, ikuti langkah berikut:

  1. Buka Device Manager
  2. Cari dan perbarui driver keyboard

4. Matikan Layanan Touchpad

Layanan touchpad yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menjadi penyebab keyboard laptop mengetik sendiri. Untuk sementara waktu, matikan layanan touchpad saat tidak digunakan. Caranya bisa dilakukan dengan menekan tombol fungsi (Fn) yang sesuai dengan tombol touchpad pada keyboard laptop.

5. Restart Laptop

Kadang-kadang, restart laptop dapat membantu mengatasi masalah keyboard laptop yang mengetik sendiri. Dengan me-restart laptop, sistem akan kembali ke kondisi normal dan memperbarui konfigurasi hardware. Pastikan untuk menyimpan pekerjaan terlebih dahulu sebelum me-restart laptop.

6. Tindakan Lebih Lanjut

Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas masalah keyboard laptop yang mengetik sendiri masih belum teratasi, mungkin ada masalah hardware yang lebih serius. Konsultasikan dengan teknisi komputer profesional untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka dapat membantu memeriksa dan menangani masalah hardware yang terjadi pada keyboard laptop.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan Anda dapat mengatasi masalah keyboard laptop yang mengetik sendiri dengan cepat dan efektif. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap kondisi keyboard laptop agar masalah serupa tidak terulang di kemudian hari.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button