Ini Dia Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca, Hasilnya Mengejutkan!

Flashdisk merupakan salah satu alat penyimpanan data yang sangat populer digunakan oleh banyak orang. Namun, ada kalanya flashdisk bisa mengalami masalah yang membuatnya tidak terbaca di komputer atau laptop. Masalah ini tentu bisa mengganggu aktivitas pengguna dalam mengakses data yang tersimpan di dalamnya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang bisa dicoba:

1. Cek Kabel dan Port USB

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa kabel flashdisk dan port USB yang digunakan. Pastikan kabel flashdisk dalam kondisi baik dan tidak rusak. Selain itu, periksa juga apakah port USB yang digunakan berfungsi dengan baik. Cobalah untuk mencolokan flashdisk ke port USB yang berbeda untuk melihat apakah masalahnya terletak pada port tersebut.

2. Restart Komputer atau Laptop

Jika flashdisk masih tetap tidak terbaca setelah memeriksa kabel dan port USB, coba restart komputer atau laptop. Terkadang, masalah ini bisa diselesaikan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan me-restart perangkat. Setelah restart, coba colokan flashdisk kembali dan periksa apakah sudah terbaca.

3. Periksa Device Manager

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memeriksa Device Manager di komputer atau laptop. Buka Device Manager dan periksa apakah flashdisk terdeteksi di daftar perangkat yang terhubung. Jika flashdisk terdeteksi namun memiliki tanda seru kuning, kemungkinan besar ada masalah dengan driver. Cobalah untuk meng-update driver atau reinstall driver flashdisk tersebut.

4. Gunakan Disk Management

Jika flashdisk masih tetap tidak terbaca setelah memeriksa Device Manager, coba gunakan fitur Disk Management. Buka Disk Management dengan cara klik kanan pada tombol Start dan pilih “Disk Management”. Cek apakah flashdisk terbaca di Disk Management. Jika flashdisk terdeteksi namun tidak ada drive letter yang terkait, klik kanan pada flashdisk tersebut dan pilih “Change Drive Letter and Paths…”. Atur drive letter baru untuk flashdisk tersebut.

5. Gunakan Command Prompt

Jika flashdisk masih belum terbaca setelah mencoba langkah-langkah di atas, coba gunakan Command Prompt. Buka Command Prompt sebagai administrator dan ketik perintah “diskpart”. Kemudian ketik perintah “list disk” untuk melihat daftar disk yang terhubung. Cari flashdisk Anda dalam daftar tersebut dan ketik perintah “select disk (nomor disk)”. Selanjutnya, ketik perintah “clean” untuk membersihkan disk. Setelah itu, ketik perintah “create partition primary” untuk membuat partisi baru. Terakhir, ketik perintah “format fs=ntfs quick” untuk meng-format flashdisk.

6. Gunakan Software Recovery

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi flashdisk yang tidak terbaca, coba gunakan software recovery khusus untuk flashdisk. Ada banyak software recovery yang dapat digunakan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak atau tidak terbaca. Pastikan untuk memilih software yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh software tersebut untuk memulai proses recovery.

7. Periksa Fisik Flashdisk

Jika flashdisk masih belum terbaca setelah mencoba semua langkah di atas, kemungkinan besar ada masalah pada bagian fisik flashdisk. Periksa apakah ada kerusakan pada fisik flashdisk, seperti patah atau penyok. Jika ada kerusakan fisik, sebaiknya bawa flashdisk ke tempat service terdekat untuk diperbaiki.

Demikianlah beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang bisa dicoba. Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah di atas merupakan solusi umum dan mungkin tidak selalu berhasil untuk setiap kasus. Jika flashdisk Anda tetap tidak terbaca setelah mencoba semua cara di atas, sebaiknya konsultasikan dengan ahli teknologi atau bawa flashdisk ke tempat service terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button