Ini Dia Cara Ampuh Melakukan Servis Bawah Bola Voli yang Bikin Lawan Kewalahan!

Bola voli adalah olahraga yang membutuhkan keterampilan dan teknik yang baik untuk dapat dimainkan dengan baik. Salah satu teknik penting dalam bola voli adalah servis bawah. Servis bawah merupakan servis yang dilakukan dengan posisi bola di bawah pinggang. Teknik servis bawah yang benar dapat membantu memperoleh poin lebih mudah dan menguasai jalannya permainan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan servis bawah bola voli.

1. Sikap Tubuh yang Benar

Langkah pertama dalam melakukan servis bawah adalah mengatur sikap tubuh yang benar. Berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu dan posisikan kaki yang berlawanan dengan tangan yang akan melakukan servis ke depan. Pastikan tubuh dalam posisi tegak dan mata fokus pada bola.

2. Posisi Tangan dan Bola

Peganglah bola voli dengan satu tangan di bawah bola dan tangan yang lain di belakang bola. Pastikan posisi tangan yang di bawah bola lurus dan sejajar dengan lantai. Posisikan bola di depan tubuh, antara dada dan pinggang.

3. Gerakan Servis

Untuk melakukan servis bawah, gunakan tangan yang berada di belakang bola untuk memberikan dorongan ke depan. Pindahkan berat badan ke depan dengan melangkah ke depan sebelum memukul bola. Pukullah bola dengan telapak tangan yang lurus dan posisikan tangan yang satunya di bawah bola untuk memberikan arah dan kekuatan pada servis.

4. Kekuatan dan Arah Servis

Untuk mendapatkan servis bawah yang baik, berikan kekuatan yang cukup pada pukulan bola namun jangan terlalu keras sehingga bola keluar dari lapangan. Pilihlah arah servis yang tepat sesuai dengan strategi permainan tim. Bisa ke tengah, ke samping, atau mengincar titik lemah lawan.

5. Latihan dan Konsistensi

Untuk dapat melakukan servis bawah dengan baik, perlu latihan dan konsistensi dalam melakukan teknik servis. Latihan secara rutin dapat membantu meningkatkan kekuatan dan akurasi servis bawah. Jangan lupa untuk selalu fokus dan konsisten dalam melakukan servis.

6. Kesabaran dan Ketenangan

Saat melakukan servis bawah, penting untuk tetap tenang dan sabar. Jangan terburu-buru atau terlalu gugup sehingga teknik servis tidak optimal. Tetap tenang dan fokus pada bola saat melakukan servis bawah.

7. Evaluasi dan Perbaikan

Setelah melakukan servis bawah, penting untuk melakukan evaluasi terhadap teknik servis yang telah dilakukan. Perhatikan kekurangan dan kesalahan yang terjadi dan berusaha untuk memperbaikinya. Dengan evaluasi terus-menerus, teknik servis bawah akan semakin baik dari waktu ke waktu.

8. Kesimpulan

Servis bawah merupakan teknik dasar dalam permainan bola voli yang perlu dikuasai dengan baik. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan dengan latihan yang konsisten, Anda dapat menjadi pemain voli yang handal dalam melakukan servis bawah. Tetap fokus, tenang, dan konsisten dalam setiap servis yang dilakukan untuk mencapai hasil yang terbaik.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button