Ini Dia Cara Ampuh Kirim Lamaran Lewat Email agar Langsung Dilirik Pihak HRD!

Email merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengirimkan lamaran pekerjaan. Dengan mengirimkan lamaran melalui email, Anda dapat menghemat waktu dan biaya. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar email lamaran Anda dapat menarik perhatian perekrut. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan saat mengirimkan lamaran lewat email.

1. Siapkan CV dan Surat Lamaran dalam Bentuk File Digital

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan CV dan surat lamaran dalam bentuk file digital. Pastikan CV dan surat lamaran yang Anda buat dalam format PDF atau Word agar mudah dibuka dan dibaca oleh penerima. Perhatikan juga ukuran file agar tidak terlalu besar sehingga mudah dikirimkan melalui email.

2. Perhatikan Subject Email

Subject email menjadi hal pertama yang dilihat oleh penerima. Pilih subject email yang singkat namun jelas, seperti “Lamaran Pekerjaan – Nama Anda” atau “Posisi yang Dilamar – Nama Anda”. Hal ini akan membantu perekrut untuk membedakan email lamaran Anda dengan email lainnya.

3. Sertakan Informasi Kontak

Sertakan informasi kontak Anda dalam email lamaran. Pastikan Anda mencantumkan nomor telepon dan alamat email yang aktif agar pihak perusahaan dapat dengan mudah menghubungi Anda. Jika memungkinkan, tambahkan juga akun LinkedIn atau portofolio online Anda untuk memberikan informasi tambahan kepada perekrut.

4. Tulis Isi Email dengan Jelas dan Tertata

Tulis isi email Anda dengan jelas dan tertata. Mulailah dengan menyebutkan tujuan Anda mengirimkan email tersebut, yaitu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Sertakan juga informasi singkat mengenai diri Anda, seperti latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan.

5. Lampirkan CV dan Surat Lamaran

Jangan lupa untuk melampirkan CV dan surat lamaran dalam email Anda. Pastikan file-file tersebut sudah terlampir dengan benar sebelum mengirimkan email. Berikan nama file yang jelas agar penerima dapat dengan mudah mengidentifikasi isi file tersebut.

6. Periksa Kembali Email Anda Sebelum Mengirimkan

Sebelum mengirimkan email lamaran, pastikan untuk memeriksa kembali email Anda. Perhatikan tata bahasa, ejaan, dan format penulisan yang digunakan. Pastikan tidak ada kesalahan yang terlihat dalam email Anda agar memberikan kesan profesional kepada penerima.

7. Tunggu Konfirmasi atau Follow-up

Setelah mengirimkan email lamaran, tunggu konfirmasi dari pihak perusahaan. Jika dalam kurun waktu tertentu Anda tidak mendapatkan balasan, Anda dapat melakukan follow-up dengan mengirimkan email reminder. Pastikan untuk tetap sopan dalam melakukan follow-up dan tidak mengirimkan email berulang kali dalam waktu yang singkat.

8. Tetap Berikan Respon yang Baik

Jika Anda mendapatkan balasan dari pihak perusahaan, tetap berikan respon yang baik. Tanggapi setiap pertanyaan atau permintaan informasi tambahan dengan jelas dan tepat waktu. Berikan kesan bahwa Anda adalah kandidat yang komunikatif dan responsif.

9. Simpan Salinan Email Lamaran Anda

Simpan salinan email lamaran Anda untuk referensi di masa depan. Hal ini berguna jika Anda perlu mengirimkan lamaran pekerjaan ke perusahaan lain atau untuk melacak progres lamaran Anda. Dengan menyimpan salinan email, Anda juga dapat memperbaiki atau mengubahnya untuk pengiriman ke depan.

10. Jaga Profesionalisme dalam Setiap Email yang Dikirimkan

Terakhir, jaga profesionalisme dalam setiap email yang Anda kirimkan. Mulai dari pemilihan kata, pembahasan, hingga gaya penulisan email harus mencerminkan sikap profesional Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan yang Anda lamar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda diharapkan dapat mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email secara efektif dan profesional. Jaga komunikasi dengan pihak perusahaan dan tetap pantau email Anda untuk mendapatkan update terkait proses rekrutmen. Semoga berhasil!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button