Blog

Ini Dia Cara Ampuh Agar Laptop Tetap Dingin Saat Bermain Game!

Bagi para gamer, laptop merupakan salah satu perangkat yang sangat penting untuk dapat bermain game dengan lancar. Namun, seringkali laptop menjadi panas saat digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama. Laptop yang panas dapat menurunkan performa perangkat dan bahkan merusak komponen di dalamnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara agar laptop tidak panas saat digunakan untuk bermain game. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Bersihkan Kipas dan Ventilasi

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah laptop agar tidak panas saat bermain game adalah dengan membersihkan kipas dan ventilasi laptop secara berkala. Kipas dan ventilasi yang kotor akan menyebabkan laptop sulit untuk mengatur suhu dan udara di dalamnya, sehingga meningkatkan risiko laptop panas. Anda dapat membersihkan kipas dan ventilasi dengan menggunakan kuas halus atau kompresor udara.

2. Pastikan Laptop Ditempatkan di Permukaan yang Datar

Sebagian besar laptop memiliki pendingin udara di bagian bawahnya. Oleh karena itu, pastikan laptop ditempatkan di permukaan yang datar dan tidak menutupi ventilasi. Hindari penggunaan laptop di atas permukaan yang empuk seperti kasur atau bantal, karena dapat menghambat aliran udara dan membuat laptop menjadi panas.

3. Gunakan Cooling Pad

Jika Anda sering bermain game dalam waktu yang lama, investasikanlah dalam cooling pad. Cooling pad adalah alat tambahan yang dapat membantu menjaga suhu laptop tetap stabil saat digunakan untuk bermain game. Cooling pad biasanya dilengkapi dengan kipas tambahan yang dapat membantu meningkatkan aliran udara di sekitar laptop.

4. Kurangi Penggunaan Aplikasi Berat

Saat bermain game, pastikan untuk menutup aplikasi atau program lain yang tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, semakin besar pula beban kerja laptop dan suhu akan cenderung meningkat. Tutup aplikasi seperti browser, aplikasi chatting, atau aplikasi berat lainnya yang tidak diperlukan saat bermain game.

5. Periksa Pengaturan Kualitas Grafis Game

Pengaturan kualitas grafis game yang terlalu tinggi dapat membuat laptop bekerja lebih keras dan menghasilkan panas yang berlebihan. Cobalah untuk menurunkan pengaturan kualitas grafis game agar laptop tidak terlalu terbebani dan suhu laptop bisa tetap stabil saat bermain game. Meskipun kualitas grafis menjadi lebih rendah, namun performa laptop akan lebih optimal.

6. Update Driver Secara Berkala

Driver adalah software yang mengatur hubungan antara sistem operasi dan perangkat keras di dalam laptop. Pastikan untuk selalu mengupdate driver laptop secara berkala agar performa laptop tetap optimal dan tidak terlalu bekerja keras, sehingga menghasilkan panas yang berlebihan.

7. Menggunakan Stand Laptop

Untuk meningkatkan aliran udara di sekitar laptop, Anda juga dapat menggunakan stand laptop yang memiliki kaki penyangga. Dengan menggunakan stand laptop, udara di sekitar laptop dapat mengalir dengan lebih baik sehingga suhu laptop bisa tetap stabil saat bermain game dalam waktu yang lama.

8. Perhatikan Suhu Ruangan

Suhu ruangan juga dapat mempengaruhi suhu laptop saat digunakan untuk bermain game. Pastikan ruangan tempat Anda bermain game memiliki sirkulasi udara yang baik dan suhu yang tidak terlalu panas. Hindari bermain game di ruangan yang terlalu panas atau lembab, karena dapat membuat laptop bekerja lebih keras dan menghasilkan panas yang berlebihan.

9. Matikan Laptop Secara Teratur

Terakhir, pastikan untuk selalu mematikan laptop secara teratur setelah digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama. Memberi waktu istirahat untuk laptop dapat membantu mendinginkan suhu laptop dan mencegah terjadinya overheating yang dapat merusak komponen di dalamnya.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat mencegah laptop agar tidak panas saat bermain game dan menjaga performa laptop tetap optimal. Selamat bermain game!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button