Blog

Ini Dia Cara Ampuh Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Habis di Windows 11!

Dalam era digital saat ini, laptop telah menjadi salah satu perangkat yang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Namun, salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop adalah cepat habisnya baterai. Hal ini tentu sangat mengganggu apabila sedang bekerja atau beraktivitas jauh dari sumber listrik. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips cara agar baterai laptop tidak cepat habis di Windows 11.

1. Mengatur Brightness Layar

Brightness layar yang terlalu tinggi akan membuat baterai laptop cepat habis. Oleh karena itu, aturlah brightness layar laptop Anda ke level yang lebih rendah. Anda juga dapat mengaktifkan fitur auto-brightness agar layar dapat menyesuaikan tingkat kecerahan dengan lingkungan sekitar secara otomatis.

2. Menonaktifkan Background Apps

Banyak aplikasi yang berjalan di background tanpa Anda sadari dan ini dapat mempengaruhi daya tahan baterai laptop. Nonaktifkan background apps yang tidak terlalu penting agar baterai laptop tidak cepat habis.

3. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi

Bluetooth dan Wi-Fi adalah dua fitur yang sering digunakan namun juga dapat menguras daya baterai secara signifikan. Jika Anda sedang tidak menggunakan koneksi internet atau perangkat Bluetooth, sebaiknya matikan fitur Bluetooth dan Wi-Fi untuk menghemat baterai.

4. Sesuaikan Setting Power Plan

Pada Windows 11, terdapat pilihan Power Plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan Anda memilih power plan yang lebih hemat energi agar baterai laptop dapat bertahan lebih lama.

5. Batasi Penggunaan Program Berat

Program-program berat seperti aplikasi desain grafis atau game dapat membuat baterai laptop cepat habis. Batasi penggunaan program-program berat tersebut dan prioritaskan untuk menggunakan aplikasi yang lebih ringan agar baterai laptop tidak terkuras dengan cepat.

6. Jaga Suhu Laptop

Suhu laptop yang terlalu panas juga dapat mempengaruhi kinerja baterai. Pastikan laptop Anda memiliki sirkulasi udara yang baik dan hindari penggunaan laptop di tempat yang terlalu panas agar baterai tidak cepat habis.

7. Rutin Membersihkan Laptop

Membersihkan laptop secara rutin dapat membantu menjaga performa laptop dan mencegah laptop menjadi panas secara berlebihan. Selain itu, membersihkan laptop juga dapat memperpanjang usia baterai laptop Anda.

8. Tetapkan Batas Charge Baterai

Pada Windows 11, Anda dapat mengatur batas charge baterai agar baterai tidak terlalu overcharge. Pengaturan ini dapat membantu memperpanjang usia baterai laptop Anda.

9. Hindari Overcharging

Overcharging alias mengecas baterai terlalu lama juga dapat merusak daya tahan baterai. Cobalah untuk melepas charger saat baterai sudah penuh untuk menghindari overcharging.

10. Gunakan Mode Battery Saver

Windows 11 memiliki fitur Battery Saver Mode yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan baterai laptop. Aktifkan fitur ini agar baterai laptop dapat bertahan lebih lama.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menghemat penggunaan baterai laptop Anda dan baterai laptop tidak akan cepat habis saat digunakan. Selamat mencoba!

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button