Ini Dia Cara Aktifkan Kis dengan Mudah Lewat Aplikasi JKN Mobile!

JKN Mobile adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta dalam mengakses informasi dan layanan terkait program Jaminan Kesehatan Nasional. Salah satu fitur yang tersedia di dalam aplikasi JKN Mobile adalah Kemudahan Informasi Sistem (KIS) yang memungkinkan peserta untuk mengakses kartu peserta secara digital. Nah, pada artikel ini kita akan membahas secara lengkap cara mengaktifkan KIS lewat JKN Mobile.

Langkah-langkah Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan KIS lewat JKN Mobile:

  1. Unduh Aplikasi JKN Mobile
  2. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi JKN Mobile melalui Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS.

  3. Buka Aplikasi dan Registrasi
  4. Setelah berhasil mengunduh aplikasi JKN Mobile, buka aplikasi tersebut dan lakukan proses registrasi dengan mengikuti petunjuk yang ada di layar. Pastikan Anda memiliki nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan nomor handphone yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan.

  5. Masuk ke Akun
  6. Setelah proses registrasi selesai, masukkan nomor handphone dan kata sandi yang Anda daftarkan untuk masuk ke akun JKN Mobile.

  7. Pilih Menu KIS
  8. Setelah berhasil masuk ke akun, pilih menu KIS yang berada di halaman utama aplikasi JKN Mobile.

  9. Isi Data Diri
  10. Untuk mengaktifkan KIS lewat JKN Mobile, Anda perlu mengisi data diri sesuai dengan kartu peserta JKN yang Anda miliki. Pastikan data yang Anda masukkan sesuai dengan data yang terdaftar di BPJS Kesehatan.

  11. Verifikasi Data
  12. Setelah mengisi data diri, lakukan verifikasi data dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang terdaftar di BPJS Kesehatan.

  13. Tunggu Proses Aktivasi
  14. Setelah verifikasi data berhasil, tunggu proses aktivasi KIS lewat JKN Mobile yang biasanya membutuhkan waktu beberapa jam hingga satu hari kerja.

  15. Cek Status Aktivasi
  16. Untuk memastikan KIS sudah teraktivasi di JKN Mobile, Anda dapat masuk kembali ke akun JKN Mobile dan periksa status aktivasi KIS Anda.

Manfaat Mengaktifkan KIS Lewat JKN Mobile

Dengan mengaktifkan KIS lewat JKN Mobile, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat, antara lain:

  • Akses Mudah
  • Dengan KIS digital di JKN Mobile, Anda bisa mengakses kartu peserta kapan saja dan di mana saja tanpa perlu membawa kartu fisik.

  • Informasi Terkini
  • Anda bisa mendapatkan informasi terkini mengenai status kepesertaan, tagihan, dan juga history penggunaan layanan kesehatan melalui JKN Mobile.

  • Kemudahan Transaksi
  • Dengan KIS digital, Anda bisa dengan mudah melakukan transaksi di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan tanpa perlu menunjukkan kartu fisik.

  • Fitur Lainnya
  • Selain itu, dengan menggunakan JKN Mobile Anda juga bisa mengakses fitur-fitur lainnya seperti informasi rumah sakit terdekat, poli yang tersedia, dan juga informasi mengenai program-program kesehatan dari BPJS Kesehatan.

Kesimpulan

Dengan adanya fitur Kemudahan Informasi Sistem (KIS) di aplikasi JKN Mobile, peserta BPJS Kesehatan bisa dengan mudah mengakses kartu peserta secara digital. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengaktifkan KIS lewat JKN Mobile dan menikmati berbagai manfaat yang ditawarkannya. Pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi Anda dan tidak membagikan informasi akun JKN Mobile Anda kepada orang lain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah informasi mengenai cara mengaktifkan KIS lewat JKN Mobile. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menggunakan layanan kesehatan melalui BPJS Kesehatan dengan lebih mudah dan efisien. Terima kasih.

Redaksi kpidjatim.id

kpidjatim.id adalah portal berita dan informasi terbaru Jawa Timur saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Back to top button